3 Upaya Kemendag Untuk Digitalisasi Pasar

wacana digitalisasi pasar oleh kemendag

Source: kabartop.com

Digitalisasi pasar merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan transaksi antara pelaku bisnis dan konsumen. Hal ini tidak hanya menjadi kebutuhan di masa pandemi Covid-19. Tetapi juga sudah menjadi tuntutan dalam perkembangan zaman. Disaat semua palaku bisnis telah beralih menjual produk secara daring, transaksi konvensional terancam gulung tikar.

Jerry Sambuaga selaku Wakil Menteri Perdagangan memotivasi para pelaku usaha agar melakukan digitalisasi bisnis. Jerry mengatakan bahwa maksud dari digitalisasi pasar tidak hanya melibatkan transaksi antara penjual dan pembeli. Namun, hal ini mencakup hal yang lebih luas yaitu penyelenggaraan pasar meliputi manajemen pasar dan pemantauan stok harga dan barang. Dalam masa pandemi Covid-19 ini, digitalisasi bisnis dapat mendukung program pemerintah untuk social distancing. Jadi penjual dan pembeli tidak perlu bertemu secara langsung sehingga dapat mengurangi kerumunan.

Sedangkan dalam kerangka yang lebih luas, digitalisasi pasar dimaksudkan untuk membuat pasar semakin modern sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. Kerja pasar akan semakin optimal sehingga para pedagang, pengusaha, stakeholder, dan konsumen dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Dengan demikian digitalisasi bisnis merupakan langkahyang tepat untuk mewujudkan fungsi pasar sebagai tiang perekonomian negara.

Tiga Strategi Kementrian Perdagangan

Untuk mewujudkan digitalisasi pasar yang komprehensif, maka diperlukan tiga strategi berikut. Pertama, pemerintah harus menyediakan infrastruktur. Infrastruktur yang dimaksud meliputi teknologi dan fisik. Jika infrastruktur telah terpenuhi, sistem pasar yang lebih modern akan dapat terwujud dengan mudah.

Kedua, diperlukan adanya kesiapan institusi dan sumber daya manusia yang mumpuni. Masalah utamanya adalah tidak meratanya SDM dan institusi antara daerah di Pulau jawa dan Pulau lainnya serta antara desa dengan kota. Jerry mengungkapkan bahwa digitalisasi bisnis dapat berjalan dengan baik jika dilakukan pemerataan Sumber Daya Manusia.

Ketiga, upaya digitalisasi pasar akan dapat dilaksanakan dengan adanya dukungan dari pihak swasta. Perusahaan swasta dapat memberikan dukungan dalam aspek penyediaan teknologi maupun pendanaan. Jerry memberikan contoh bahwa digitalisasi bisnis memerlukan platform dari pihak swasta untuk melakukan pembayaran transaksi. “keterlibatan pihak swasta tentunya dapat membuka banyak lapangan kerja dan aspek ekonomi dapat berjalan secara keseluruhan,” Ujar Jerry.

Jerry Sambuaga juga mengatakan bahwa program digitalisasi bisnis harus dilakukan di semua tingkat pemerintahan. Jadi, baik pemerintah pusat maupun daerah harus mendukung adanya program ini. Berdasarkan UU 23/2014 mengenai Otonomi Daerah, kegiatan perdagangan memerlukan pembagian urusan antara pemerintah pusat dan daerah. Jika terjadi sinergi yang selaras antara pusat dan daerah, tentunya, program digitalisasi bisnis ini akan menjadi sukses.

 

 

Related posts

Leave a Comment