ExxonMobil Edukasi Siswa SMK Upaya Peningkatan SDM

exxonmobil mendukung program penyediaan listrik oleh pemerintah

Source: exxonmobil.co.id

Presiden Jokowi mempunyai komitmen di sektor energi untuk mewujudkan ketersediaan listrik 35.000 Megawatt. Tentunya program ini masih terus berlanjut pada tahun ini dan tahun mendatang. Tujuan dari program ini adalah untuk memenuhi kebutuhan akan listrik seluruh masyarakat Indonesia tanpa kecuali. Dengan pemenuhan kebutuhan listrik, tentunya, ekonomi Indonesia dapat berjalan dengan baik. PT ExxonMobil sangat mendukung penuh program pemerintah ini.

Namun, dalam pengembangan program listrik ini, terdapat beberapa kendala. Diantaranya adalah masalah perizinan dan pembebasan lahan untuk pembangkit listrik. Selain itu, masalah lain yang dihadapi adalah kurangnya teknisi atau Sumber Daya Manusia yang masih di bawah standar. Oleh karena itu, penting untuk mencari solusi guna menangani masalah ini baik dari pihak pemerintah maupun swasta yang terkait di bidang energi.

Peduli akan masalah ini, PT ExxonMobil Lubricant Indonesia atau PT EMLI memberikan program edukasi bagi siswa SMK mengenai materi dasar pelumasan pembangkit listrik. Program ini dijalankan untuk mendukung program pemerintah mewujudkan listrik 35.000 watt. ExxonMobil memberikan pembekalan dasar ini pada beberapa SMK mulai awal Juni 2020. Tujuan utama dari program ini adalah mengedukasi siswa SMK tentang pentingnya pemberian pelumas pada mesin. Diharapkan, setelah lulus, siswa SMK mempunyai bekal dan menjadi profesional.

Webinar ExxonMobil dengan beberapa SMK

Sekolah yang bekerja sama dengan PT ExxonMobil diantaranya adalah SMK Don Bosco, SMK Ora et Labora, serta BLK Don Bosco. Dikarenakan program ini dilaksakan dalam masa pandemi, maka program disajikan melalui webinar dengan konsep interaktif. Tentunya, dengan pemateri yang profesional di bidang energi. Siswa diperkenankan untuk bertanya melalui chat box dan langsung mendapatkan jawaban dari pemateri.

Market Development Manager PT EMLI, Eben Tambunan, mengatakan,”Kami sangat berharap bahwa program edukasi seperti ini bisa dilakukan secara rutin. Pembekalan ini akan sangat berguna bagi para siswa untuk mempersiapkan diri menjadi profesional di bidangnya selepas lulus sekolah. Selain itu, program ini juga bisa menambah nilai plus untuk perusahaan ExxonMobil karena telah mendukung salah satu program pemerintah di bidang energi.”

Sedangkan Chairman SMK Oel Executive Committee, Ephrem Santos mengucapkan selamat atas terselenggaranya webinar tentang dasar pelumasan mesin bagi siswa SMK teknis. Upaya ini sangat berguna bagi pembekalan dasar para siswa tentang produk pelumas mesin. Diharapkan, progra serupa bisa terus dijalankan pada tingkat kompetensi yang  lebih lanjut. Ephrem Santos juga mengucapkan terima kasih pada PT EMLI karena telah berinisiatif mengadakan webinar ini.

Related posts

Leave a Comment