Singapura Resesi, Indonesia Bagaimana?

singapura mengalami resesi ekonomi

Source: vibiznews.com

Isu resesi ekonomi merebak di sejumlah negara karena ketidakpastian kondisi perekonomian akibat pandemi Covid-19. Belakangan ini, Presiden Joko Widodo juga sering menyorot isu resesi. Kini, salah satu negara tetangga yakni Singapura resmi dilanda resesi. Hal ini dikarenakan pertumbuhan ekonomi negara Singapura minus 41,2% pada kuartal II 2020. Apakah Indonesia akan mengalami kondisi yang sama?

Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI mengatakan bahwa Indonesia harus menyiapkan diri untuk menghadapi resesi apabila pertumbuhan ekonomi tetap minus pada kuartal kedua 2020.Pemerintah berharap ekonomi negara dapat tumbuh positif di kuartal kedua. Namun, hal terburuk harus tetap diantisipasi.

Rahayu Puspasari selaku Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu mengatakan,”Indonesia dapat masuk jurang resesi jika pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi negatif pada kuartal ketiga 2020.” Secara umum resesi adalah perlambatan pertumbuhan ekonomi suatu negara, imbuhnya.

Sedangkan menurut Ekonom Piter Abdullah, definisi resesi adalah negatifnya pertumbuhan ekonomi dalam dua triwulan secara berturut-turut. Piter menyatakan,”Sebenarnya resesi bukanlah hal yang berbahaya. Hal ini dikarenakan banyak negara yang mengalaminya akibat dari wabah Covid-19.” Yang berbahaya bagi negara bukanlah resesi tetapi krisis atau depresi ekonomi.

Kondisi ekonomi negara yang mengalami krisis menjadi sangat buruk karena semua sektor bisnis telah bangkrut. Indonesia juga pernah mengalami krisis pada tahun 1998. Saat itu, semua sektor ekonomi mengalami kebangkrutan. Hal ini dapat meningkatkan kemiskinan dan jumlah pengangguran di Indonesia.

Kondisi Resesi yang dialami Singapura tentu memberikan dampak terhadap Indonesia. Salah satunya adalah melemahnya Rupiah. Ibrahim selaku Direktur PT TRFX Garuda Berjangka mengatakan,”Pelemahan rupiah merupakan efek memburuknya kondisi ekonomi Singapura karena negara ini adalah investor terbesar di Indonesia.” Negara Singapura merupakan penyumbang kunjungan wisatawan terbanyak ke negara Indonesia. Selain itu, Singapura juga berkontribusi sebagai pengekspor non migas bagi Indonesia. Kondisi ekonomi Singapura yang semakin memburuk tentu sangat berdampak bagi ekonomi Indonesia.

Sri Mulyani menambahkan bahwa Indonesia harus berjuang keras untuk memulihkan perekonomian negara untuk menghindari terjadinya resesi. Maka dari itu, pemerintah kini fokus untuk membuat kebijakan-kebijakan baru untuk menumbuhkan perekonomian yang semakin melemah akibat pandemi.

Related posts

Leave a Comment