Insentif Pajak UMKM Diperpanjang Sampai Akhir Tahun

insentif pajak untuk para pelaku umkm

Source: tribunnews.com

Ditjen Pajak Kemenkeu mengumumkan akan memperpanjang penerimaan stimulus pajak bagi para pelaku UMKM. Kebijakan ini diambil untuk menanggulangi dampak ekonomi karena pandemi Virus Corona.

Awalnya, perpanjangan waktu ini direncanakan hanya sampai September 2020. Namun pemerintah memperpanjang waktu hingga bulan Desember 2020. Pemerintah juga menyiapkan prosedur yang lebih mudah untuk pengurusannya. Berikut adalah beberapa perubahan prosedur pajak UMKM.

  • Insentif PPh Pasal 21.

Karyawan dengan NPWP berpenghasilan kurang dari 200 juta Rupiah pada sektor bisnis industri serta Perusahaan KITE akan memperoleh penghasilan tambahan yang diberikan secara tunai dan tidak dipotong dari pemberi kerja.

  • Insentif Pajak UMKM.

Pemerintah menanggung Pajak Penghasilan Final UMKM sebesar 0.5%. Dengan begitu, pelaku UMKM tidak perlu menyetorkan pajak kepada pemerintah. Pemungut pajak juga tidak diperkenankan untuk memotong pajak kepada pelaku UMKM. Untuk menikmati fasilitas ini, pelaku UMKM harus mengumpulkan laporan realisasi tiap bulannya tanpa mengajukan SK PP 23.

  • Insentif PPh Pasal 22.

Perusahaan yang bergerak di bidang industri impor atau KITE akan mendapatkan fasilitas bebas pajak. Pemerintah memberikan fasilitas ini kepada 431 perusahaan di bidang industri dan KITE. Untuk mengklaim Insentif PPh ini, perusahaan harus memberikan laporan penghasilan setiap bulan.

  • Insentif PPN.

Wajib pajak yang ditetapkan Pemerintah sebagai PKP resiko rendah akan menerima fasilitas percepatan restitusi dengan jumlah maksimal 5 miliar Rupiah. Fasilitas ini akan diberikan pada 431 perusahaan di bidang industri serta perusahaan KITE. Untuk memperoleh fasilitas ini, wajib pajak harus memberikan pemberitahuan secara online lewat situs pajak.go.id.

Ditjen Pajak berharap semua wajib pajak dapat memanfaatkan fasilitas insentif pajak ini dengan sebaik-baiknya guna mempertahankan kelangsungan usaha mereka di tengah pandemi Covid-19.

 

Related posts

Leave a Comment