Bareskrim Usut Dugaan Pelanggaran 3 UU oleh Jouska

bareskrim telusuri dugaan pelanggaran UU oleh Jouska

Source: teknologi.id

Ketua Satgas Waspada Investasi yakni Tongam L Tobing menuturkan bahwa Bareskrim telah menelusuri dugaan pelanggaran Undang –Undang oleh Jouska. Tiga Undang-Undang tersebut meliputi UU ITE, UU Pasar Modal, serta UU Perlindungan Konsumen.

Tongam mengungkapkan bahwa sebenarnya Jouska melaksanakan bisnisnya sebagai penasihat keuangan atau financial planner. Oleh karena itu, OJK mengadakan pertemuan dengan Jouska untuk meminta klarifikasi terkait legalitas dan kegiatan usaha yang dilakukan Jouska. Hal ini dikarenakan OJK mendapatkan banyak aduan dari masyarakat terkait kasus Jouska yang merugikan kliennya.

Hasil dari pertemuan tersebut adalah Jouska mendapatkan masukan dari beberapa lembaga pemerintah. Lembaga-lembaga tersebut adalah Kementerian perdagangan, Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan Badan reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Menurut Bareskrim, usaha penasehat keuangan yang selama ini dilakukan oleh Jouska adalah ilegal. Hal ini dikarenakan Jouska tidak memiliki izin usaha yang seharusnya didaftarkan melalui OSS atau Online Single Submission. Izin yang dikantongi Jouska hanyalah sebagai penyedia jasa pendidikan.

Kementerian Perdagangan juga memberikan komentarnya tentang Jouska. Seharusnya perusahaan ini memiliki izin sesuai dengan kegiatan usaha yang dilakukan. Jadi tidak hanya memiliki Nomor Induk Berusaha atau NIB.

Sesuai dengan semua masukan dari beberapa lembaga pemerintah tersebut, kesepakatan yang diambil adalah menutup semua kegiatan operasional Jouska. Selain itu, OJK juga meminta Kominfo untuk memblokir situs dan media sosial Jouska. Per hari ini, situs Jouska sudah tidak dapat diakses.

OJK juga telah mengirimkan surat kepada Bareskrim terkait pengusutan jika terdapat tindak pidana pada kasus Jouska ini. Namun, pihak Jouska menyetujui untuk menghentikan semua kegiatannya. Jouska juga bersedia untuk menyelesaikan kasus yang diadukan para kliennya.

Related posts

Leave a Comment