Penjualan Meningkat, Harga Sepeda Naik Pesat

harga sepeda meningkat

Source: blibli.com

Saat awal wabah, masker menjadi barang yang paling banyak diburu. Tak ayal, masker menjadi barang yang langka sehingga harganya menjadi sangat mahal. Kini barang yang paling banyak peminatnya adalah sepeda. Tren bersepeda membuat penjualan sepeda menjadi meningkat.

Akibat dari melonjaknya permintaan akan sepeda, kini sepeda menjadi barang yang cukup langka. Harganya pun melambung tinggi. Tingginya permintaan sepeda tidak dibarengi dengan kapasitas produksi. Oleh karena itu, stok sepeda menjadi langka.

Salah satu pebisnis sepeda, Akbar, mengatakan bahwa semua jenis sepeda terutama sepeda lipat mengalami lonjakan pembelian. Karena tidak dibarengi dengan kapasitas produksi yang memadai, sehingga harganya naik.

Akbar juga menambahkan bahwa permintaan akan sparepart sepeda juga mengalami kenaikan. Banyak masyarakat yang memilih untuk memodifikasi sepeda meraka sehingga tampak baru. Oleh karena itu, harga sparepart sepeda juga mengalami kenaikan karena banyaknya permintaan.

Stok sepeda di beberapa website penjual sepeda seperti Declathlon, Pacific Bike, dan Rodalink juga menipis. Bahkan beberapa stok sepeda lipat sudah habis. Sementara itu, stok sepeda di beberapa platform belanja seperti Shopee, Bukalapak, dan OLX stok sepeda terutama sepeda lipat juga tidak terlalu banyak. Stok yang masih tersedia dijual dengan harga sangat mahal.

Akbar menambahkan bahwa harga sepeda di tokonya mengalami kenaikan antara 20 hingga 50%. Kenaikan harga sepeda baru membuat masyarakat memilih untuk membeli sepeda bekas. Dalam kondisi ini, harga sepeda bekaspun bisa melambung.

Aldo, Salah satu pesepeda yang masuk dalam komunitas Genjot Bike mengatakan bahwa harga sepeda bisa naik Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per unitnya jika dibandingkan dengan harga sebelum wabah Covid-19 ini.

Aldo juga menuturkan bahwa pihak produsen sepeda sampai harus mengundi calon pembeli yang berhak mendapatkan sepedanya karena memang terbatasnya stok yang ada. Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan sepeda, salah satu produsen sepeda Element Bike menaikkan produksi sepedanya hingga dua kali lipat.

Related posts

Leave a Comment