Program Kartu Prakerja Buka 800 Ribu Kuota Peserta

program kartu prakerja buka 800 ribu kuota peserta

Source: era.id

Mulai tanggal 8 Agustus 2020 kemarin, Pemerintah telah membuka pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4. Pendaftaran program kartu Prakerja ini akhirnya dibuka kembali setelah sempat tertunda sejak tanggal 28 Mei yang lalu.

Untuk pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang IV ini, pemerintah akan memberikan kuota peserta sebanyak 800 ribu orang. Jumlah kuota ini lebih banyak daripada gelombang sebelumnya.

Rudy Salahuddin selaku Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kementerian Koordinator Bidang perekonomian mengatakan bahwa Program Kartu Prakerja Gelombang 4 ini pendaftarannya bisa dilakukan secara online atupun offline.

Cara daftar Kartu Prakerja ini dapat dilakukan dengan mendatangi Dinas Keternagakerjaan di wilayah masing-masing. Pendaftar diharuskan untuk datang sendiri. Kemudian mereka bisa mengisi formulir pendaftaran program Kartu Prakerja. Format pengisian tersebut sama dengan pendaftaran secara online.

Rudi menambahkan formulir pendaftaran tersebut akan dikumpulkan dan dinas ketenagakerjaan yang akan mengirimkan pendaftaran tersebut. Setelah berkas tersebut disahkan oleh Menteri ketenagakerjaan, berkas tersebut akan dikirimkan ke PMO. PMO lah yang akan menetapkan calon peserta program Kartu Prakerja tersebut.

Sementara itu, untuk pendaftaran kartu prakerja secara online, peserta bisa mengunjungi situs prakerja.go.id. Setelah itu, peserta bisa mendaftar dengan memasukkan nama, email dan membuat kata sandi. Setelah mengkonfirmasi akun, peserta bisa mengisi formulir kartu prakerja.

Peserta juga harus mengikuti tes singkat mengenai motivasi serta kemampuan dasar. Setelah melakukan tahapan ini, peserta bisa menunggu notifikasi tentang status peserta apakah diterima atau tidak sebagai peserta program kartu prakerja 2020. Status penerimaan ini bisa diakses pada dashboard akun ataupun pemberitahuan lewat SMS.

Pemerintah menargetkan bahwa program kartu prakerja ini bisa diikuti oleh 5,6 juta peserta hingga akhir tahun. Anggaran yang telah disiapkan untuk program ini sebesar Rp 20 triliun. Setiap peserta program kartu prakerja akan mendapatkan total insentif sebesar Rp 3.550.000.

Perincian insentif tersebut adalah sebagai berikut. Biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta. Biaya Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan untuk insentif pasca pelatihan. Jadi total insentif sebesar Rp 2,4 juta. Sedangkan sisa anggaran sebesar Rp 150 ribu digunakan untuk insentif survey.

Syarat peserta yang bisa mengikuti program kartu prakerja ini adalah sebagai berikit. Pertama, peserta adalah warga negara Indonesia yang berumur minimal 18 tahun. Selain itu, peserta tidak sedang menjalankan pendidikan formal.

Related posts

Leave a Comment