Bisnis Hotel Masih Lesu, OYO Luncurkan Gerai Kopi Cinta

OYO luncurkan gerai kopi cinta

Source: gizmologi.id

OYO merupakan perusahaan startup jaringan hotel yang berasal dari India. Namun, karena tingkat okupansi hotel yang menurun selama pandemi, OYO mencoba merambah bisnis baru. Perusahaan ini baru saja merilis produk Kopi Cinta.

Produk kopi ini tersedia di 30 gerai di seluruh Indonesia. Untuk memperluas pasar, OYO menggandeng layanan pesan antar yaitu GoFood dan GrabFood. Dengan menggaet GoFood dan GrabFood, Kedai Kopi Cinta bisa menyediakan layanan pesan antar bagi konsumen yang tidak menginap di hotel mitra OYO.

Eko Bramantyo selaku Country Head Emerging Business OYO mengatakan bahwa tingkat okupansi turun drastis selama pandemi ini. Oleh karena itu, perusahaan memikirkan berbagai cara untuk meningkatkan pendapatan.

Salah satu upaya yang dilakukan OYO adalah dengan merambah bisnis kopi. Hal ini dikarenakan produk kopi banyak digemari oleh masyarakat akhir-akhir ini. Sementara itu, permintaan akan produk food and beverage oleh tamu hotel masih cukup tinggi.

OYO berharap bahwa Gerai Kopi Cinta ini bisa memberikan pengalaman menginap yang menyenangkan bagi para tamu. Selain itu, pastinya gerai kopi ini bisa menambah pemasukan tambahan untuk mitra hotel OYO.

Eko menambahkan bahwa pihaknya optimis bahwa gerai Kopi Cinta bisa membantu industri hospitality agar terus bangkit. Oleh karena itu diperlukan dukungan teknologi dan jaringan distribusi agar gerai ini dapat berkembang.

Dalam peluncuran Kopi Cinta ini, OYO bekerja sama dengan Primo Coffee. Dalam bisnis ini, Primo Coffee berperan sebagai mitra strategis yang menyiapkan segala standar operasional. Diantaranya, Primo Coffee menyelenggarakan pelatihan untuk barista dan menyediakan alat serta bahan baku.

Saat ini, OYO menyediakan 30 gerai Kopi Cinta yang berlokasi di hote-hotel mitra OYO. Gerai kopi ini langsung dioperasikan oleh OYO. Pihak OYO berharap bahwa nantinya bisnis gerai kopi ini dapat terus bertambah hingga tersedia di seluruh mitra hotel OYO.

OYO juga membuka peluang kerja sama bagi mitra hotel untuk membuka gerai Kopi Cinta ini di hotel mereka. Untuk biaya investasi, OYO mengenakan tarif sebesar Rp 3 juta. Dengan mengeluarkan biaya ini, mitra akan mendapatkan mesin kopi serta starter pack bisnis kopi cinta.

Related posts

Leave a Comment