Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang V Dibuka 15 Agustus

kartu prakerja gelombang V dibuka 15 Agustus

Source: harapanrakyat.com

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang IV telah ditutup tanggal 12 Agustus kemarin. Namun, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja siap membuka pendaftaran program kartu prakerja gelombang V.

Pendaftaran ini akan mulai dibuka akhir pekan ini atau tanggal 15 Agustus 2020. Masyarakat bisa mulai mendaftar mulai pukul 12.00 WIB.

Lousia Tuhatu selaku Head of Communications Pelaksana Kartu Prakerja mengatakan bahwa masyarakat yang belum menjadi penerima program Kartu Prakerja bisa mendaftar pada gelombang 5 ini.

Lousia menambahkan bahwa saat pendaftaran gelombang IV, ada lebih dari 1,2 juta pendaftar dari seluruh provinsi. Jumlah ini termasuk para pekerja yang terdampak pandemi. Datanya pun telah terverifikasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Namun dari jumlah 1,2 juta pendaftar, kuota pendaftar yang diterima adalah hanya 800 orang pada gelombang 4. Pemberitahuan tentang pendaftar yang lolos akan dikirimkan melalui SMS pada hari Minggu tanggal 16 Agustus 2020.

Mohammad Rudy Salahuddin selaku Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta kerja mengatakan bahwa manajemen akan menetapkan kuota sebanyak 800 ribu hingga gelombang terakhir. Dengan demikian, program ini dapat mencapai target 5,6 juta peserta hingga bulan Oktober nanti.

Kuota pendaftaran pada gelombang IV kemarin, sebanyak 80% atau sebanyak 640 ribu kuota diberikan pada pekerja yang terkena dampak pandemi. Data ini diambil dari Kemenaker dan BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, untuk insentif yang akan diterima oleh peserta program kartu prakerja ini adalah senilai Rp 3,55 juta. Rincian jumlah tersebut adalah sebagai berikut. Biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta. Insentif sebesar Rp 2,4 juta untuk 4 bulan, serta Rp 150 ribu untuk pengisian survey sebanyak 3 kali.

Sesuai dengan aturan yang ditetapkan, jumlah kuota pendaftar kartu prakerja gelombang V ini adalah sebanyak 800 ribu orang. Manajemen Pelaksana akan menyesuaikan pelaksanaan program kartu prakerja sesuai dengan aturan Permenko 11 tahun 2020.

Related posts

Leave a Comment