Hari Belanja Diskon Indonesia, Peretail Tawarkan Diskon Hingga 75%

Hari belanja Diskon Indonesia

Source: vice.com

Industri retail mengalami keterpurukan selama pandemi ini. Untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan memulihkan perekonomian nasional, para pengusaha retail menggelar Hari Belanja Diskon Nasional.

Program ini akan berlangsung mulai tanggal 14 Agustus hingga 30 Agustus. Para pengusaha retail menawarkan diskon hingga 75% untuk produk mereka. Beberapa peretail juga telah mulai menawarkan promo menarik menjelang Hari Kemerdekaan RI.

Jhonny Andrean selaku Dewan pembina Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia atau Hippindo menatakan bahwa pelaku bisnis retail mengalami situasi bisnis yang cukup sulit selama pandemi ini. Bahkan saat PSBB diberlakukan, omzet mereka anjlok 80%-90%.

Namun, kini beberapa penjualan ritel mulai pulih meskipun baru mencapai 50%. Meskipun dalam kondisi sulit seperti ini, pengusaha ritel harus tetap bangkit membangun bisnis mereka. Hal ini dikarenakan sektor ritel menyerap banyak tenaga kerja.

Jhonny menambahkan bahwa Hari Belanja Diskon Indonesia ini tidak hanya untuk mencari keuntungan. Namun program ini juga bertujuan untuk membangkitkan perekonomian Indonesia.

Fetty Kwartati selaku Ketua HBDI 2020 menuturkan bahwa untuk gelaran diskon tahun ini tidak mempunyai target khusus. Hal ini karena fokus dari HBDI tahun ini adalah untuk menggerakkan perekonomian. Diharapkan program ini mampu menumbuhkan ekonomi para peretail offline, online, hingga UMKM.

Program Hari Belanja Diskon Indonesia 2020 ini akan melibatkan 300 UMKM, merk lokal hingga internasional. 4000 gerai ritel di 85 kota di Indonesia juga akan turut berpartisipasi. Untuk peritel online, 4 marketplace juga akan bergabung dalam program ini.

Sementara itu, Airlangga Hartanto selaku Menko Perekonomian mengatakan bahwa diharapkan program ini mampu mendorong masyarakat untuk membeli produk lokal khususnya hasil karya UMKM. Hal ini dikarenakan UMKM merupakan sektor yang paling terpukul akibat pandemi ini.

Related posts

Leave a Comment