Uang Pecahan Rp 75 Ribu Edisi Kemerdekaan Resmi Diluncurkan

BI luncurkan uang baru edisi kemerdekaan

Source: era.id

Bank Indonesia telah menerbitkan uang khusus untuk memperingati HUT RI yang ke-75. Sesuai dengan usia Indonesia, uang ini diterbitkan dalam pecahan uang kertas dengan nominal Rp 75 ribu.

Momen ini cukup langka karena uang edisi khusus kemerdekaan biasanya dicetak dalam bentuk koin. Menterti keuangan RI, Sri Mulyani menegaskan bahwa uang tersebut tidak diedarkan secara bebas dan tidak digunakan sebagai alat tukar. Oleh karena itu pecahan Rp 75 ribu ini dicetak terbatas.

Sri Mulyani mengatakan bahwa Mata uang kertas dengan pecahan Rp 75 ribu ini dicetak sebanyak 75 juta lembar. Uang tersebut ditandatangai oleh Menkeu dan Gubernur Bank Indonesia.

Uang kertas pecahan Rp 75 ribu ini memiliki kombinasi warna merah, putih, dan hijau. Makna filosofis dari warna tersebut adalah menggambarkan syukur atas kemerdekaan, memperkuat kebhinekaan, serta untuk menyambut masa depan bangsa yang gemilang.

Bagian muka uang tersebut bergambar peristiwa Proklamasi Kemerdekaan dengan gambar Soekarno dan Hatta. Digamparkan pula pencapaian pembangunan seperti MRT, jembatan, dan jalan tol trans Jawa.

Sednagkan bagian belakang bergambar anak-anak berpakaian adat dari wilayah Barat, Tengah, dan Timur Indonesia. Beberapa motif etnik juga disematkan dalam uang tersebut. Diantaranya adalah Batik Kawung Jawa, Tenun Bali, dan Songket Sumatera.

Masyarakat bisa mendapatkan uang edisi khusus ini melalui mekanisme penukaran di kantor cabang BI. Pemesanan bisa dilakukan melalui aplikasi atau secara online melalui website pintar.bi.go.id. masyarakat bisa memilih lokasi serta tanggal penukaran untuk mendapatkan bukti penukaran.

Setelah itu, masyarakat bisa melakukan penukaran pada lokasi dan tanggal yang telah ditentukan. Masyarakat harus membawa KTP beserta bukti pemesanan. Nominal uang Rp 75 ribu juga harus disiapkan untuk ditukar dengan uang edisi khusus kemerdekaan ini.

Related posts

Leave a Comment