Hari Indonesia Menabung, OJK Kampanyekan Gerakan Menabung Sejak Dini

Hari Indonesia Menabung

Source: medium.com

Hari ini Kamis tanggal 20 Agustus 2020 diperingati sebagai Hari Indonesia Menabung. Hari Indonesia Menabung tertuang dalam Kepres no 26 tahun 2019 mengenai Hari Indonesia Menabung.

Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai inklusi keuangan serta menabung sejak dini. Oleh karena itu Otoritas Jasa Keuangan beserta lembaga terkait terus berupaya untuk menjalankan berbagai program guna mengkampanyekan budaya menabung.

Untuk itu, OJK bekerja sama dengan berbagai Kementerian terkait serta Lembaga Jasa keuangan Formal terus melakukan kampanye untuk mendorong masyarakat agar gemar menabung.

Tanggal 20 Agustus dipilih sebagai Hari Indonesia Menabung sebagai kelanjutan upaya pemerintah yang melakukan kampanye nasional gerakan menabung. Kampanye menabung ini pertama kalinya digaungkan pada tanggal 20 Agustus 1971.

Pada saat itu, pemerintah menggalakkan program Tabungan Pembangunan Nasional (Tabanas) dan Tabungan Asuransi Berjangka (Taska). Namun, dalam pelaksanaannya, kedua program yang diinisiasi pemerintah ini terus mengalami penurunan. Jumlah penabung terus turun hingga akhirnya program ini harus terhenti.

Oleh karena itu, OJK bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, DNKI atau Dewan Nasional keuangan Inklusif bekerja sama dengan kementerian serta lembaga lain ingin menggaungkan kembali kampanye nasional untuk menabung.

Agus Sugiarto selaku Advisor Otoritas Jasa Keuangan mengatakan ada beberapa alasan yang melandasi perlunya menggaungkan kembali kampanye menabung secara nasional.

Alasan yang pertama adalahrasio menabung terhadap PDB Indonesia tahun 2019 masih dibilang cukup rendah, yaitu di angka 31%. Sednagkan negara lain seperti Thailand telah mencapai 35%, China mencapai 45%, dan Singapura mencapai 43%.

Alasan kedua yaitu jumlah masyarakat yang memiliki rekening tabungan hanya sebesar 68,22%. Oleh karena itu, OJK merasa perlu mendorong masyarakat agar jumlah penabung semakin banyak. Tentunya dengan melaksanakan program dan strategi yang sistematis.

Related posts

Leave a Comment