Cegah Pemalsuan, Uang Rp 75 Ribu Gunakan Pengaman Teknologi Canggih

uang baru Rp 75 ribu gunakan pengaman khusus

Source: cnnindonesia.com

BI telah menerbitkan uang khusus edisi Kemerdekaan RI yang ke-75. Uang kertas pecahan Rp 75 ribu ini dicetak dengan jumlah terbatas yakni sebanyak 75 juta lembar.

Untuk mencegah pemalsuan uang tersebut, BI menggunakan teknologi terbaru untuk pengaman uang nominal Rp 75 ribu ini.

Marlison Hakim selaku Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia mengatakan bahwa uang tersebut menggunakan unsur pengaman yang canggih dengan teknologi tertinggi dan terkini yang sudah digunakan pula di negara lain.

Marlison menambahkan bahwa saat ini belum pernah ditemukan kasus pemalsuan uang yang dicetak menggunakan teknologi tersebut. Unsur pengaman atau Security features pada Uang Peringatan Kemerdekaan ini lebih lengkap dan lebih detail dengan teknologi terbaru.

Perry  Warjiyo selaku Gubernur Bank Indonesia juga mengungkapkan bahwa uang pecahan Rp 75 ribu edisi khusus ini dilengkapi unsur pengaman agar pemalsuan uang sulit terjadi.

Perry juga menuturkan bahwa inovasi pengaman uang harus dilakukan secara terencana dan berkala. Hal ini bertujuan agar rupiah bisa menjadi kebanggaan dan simbol kedaulatan bangsa.

Perry menambahkan bahwa uang tersebut telah dilengkapi unsur pengaman dengan menggunakan teknologi terkini. Selain itu, bahan kertas yang digunakan untuk mencetak uang didesain agar lebih awet dan tahan lama.

Inovasi tersebut dilakukan agar uang Rupiah dapat dikenali keasliannya dengan mudah. Selain itu, uang tersebut dapat digunakan secara aman dan nyaman. Tujuan lain penggunaan teknologi terkini adalah agar uang tersebut semakin sulit untuk dipalsukan.

Masyarakat yang ingin memiliki uang edisi khusus ini, bisa melakukan pendafaran secara daring melalui portal pintar.bi.go.id. Masyarakat bisa memilih lokasi dan tanggal penukaran. Setiap KTP hanya bisa mendapatkan satu lembar Uang Peringatan kemerdekaan dengan nominal Rp 75 ribu ini.

Related posts

Leave a Comment