Bantuan UMKM Rp 2,4 Juta Disalurkan Hari Ini

BLT UMKM disalurkan hari ini

Source: bangkitmedia.com

Rully Indrawan selaku Sekretaris Kementerian Koperasi menyakan bahwa Bantuan langsung Tunak untuk UMKM senilai Rp 2,4 juta per pelaku usaha tahap pertama sudah dicairkan tanggal 17 Agustus lalu. Sebanyak 742.422 pelaku UMKM telah mendapatkan BLT tersebut yang langsung ditransfer ke rekening masing – masing.

Rully mengatakan bahwa BLT tahap pertama telah diberikan kepada 742.422 UMKM meskipun bantuan ini belum diluncurkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo. Peresmian dan peluncuran BLT ini akan dilakukan pada hari ini. Penyaluran BLT untuk 12 juta UMKM akan dilakukan secara serentak siang ini.

Peluncuran Bantuan Langsung Tunai ini rencananya akan dilakukan pada tanggal 24 Agustus 2020 pukul 13.00. Acara ini akan diselenggarakan di istana Kepresidenan dan akan menghadirkan 742.422 pelaku UMKM yang telah mendapatkan bantuan. Pelaku usaha mikro ini akan dihadirkan baik secara langsung ataupun virtual.

Saat peluncuran BLT siang nanti, dana BLT Rp 2,4 juta juga akan disalurkan serentak kepada 2 juta pelaku UMKM lainnya.

Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM mengungkapkan syarat UMKM yang bisa mendapatkan bantuan langsung tunai ini. Syarat pertama adalah pelaku UMKM sednag tidak menerima kredit modal dari perbankan.

Selain itu, pelaku UMKM harus merupakan WNI dan mempunyai Nomor Induk Kependudukan. Syarat lainnya adalah pelaku usaha tersebut bukanlah Aparatur Sipil Negara serta bukan merupakan anggota TNI atau Polri, dan juga bukan pegawai BUMN atau BUMD.

Teten berharap agar masyarakat agar memanfaatkan bantuan ini dengan baik. Salah satunya dengan mendaftarkan diri ke dinas koperasi yang ada di daerahnya. Jadi, masyarakat yang belum mendapatkan akses modal dan investasi dari perbankan dapat aktif mendaftarkan dirinya melalui dinas koperasi.

Related posts

Leave a Comment