Pendaftaran Penukaran Uang Baru Rp 75 Ribu Dibuka Kembali Besok

BI luncurkan uang baru edisi kemerdekaan

Source: era.id

Bank Indonesia kembali membuka pendaftaran untuk penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan untuk individu besok. Pendaftaran tetap dilakukan secara online melalui situs pintar.bi.go.id.

Marlison Hakim selaku Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI menuturkan bahwa BI telah memutuskan untuk mempercepat peredaran uang Rp 75 ribu ini. Untuk itu kuota penukaran setiap harinya akan dilipat gandakan dari sesi penukaran pertama pada tanggal 17 Agustus lalu.

Sebelumnya, BI menentukan kuota penukaran uang di kantor BI jakarta hanya sebanyak 300 bilyet. Namun, dengan penambahan kuota penukaran ini, jumlah kuota akan menjadi 600 lembar per hari untuk kantor BI pusat.

Sementara itu, kuota penukaran di kantor cabang daerah akan dinaikkan dari 150 lembar menjadi 300 bilyet per hari. Tujuan penambahan kuota ini adalah agar target penukaran uang oleh secara individu sebanyak 30 ribu lembar per harinya bisa tercapai.

Marlison menambahkan,” Mulai besok sudah mulai buka lagi untuk individu jadi besok kuota tambah dua kali lipat, jadi mudah-mudahan besok buka aplikasi PINTAR untuk individu sudah bisa melakukan pemesanan kembali.”

Tidak hanya membuka pendaftaran penukaran uang secara individu, BI juga membuka pendaftaran penukaran uang secara kolektif. Langkah ini diambil untuk mengakomodasi antusias masyarakat untuk memiliki Uang Peringatan Kemerdekaan ini.

Penukaran uang secara kolektif haruslah minimal 17 orang setiap pendaftaran. BI tidak menetapkan kuota maksimal. Masyarakat bisa memesan sebanyak-banyaknya. Namun tetap satu NIK hanya bisa menukarkan 1 lembar uang Rp 75 ribu.

Sementara itu, pemesanan penukaran uang Rp 75 ribu secara online bisa dilakukan dengan mudah. Masyarakat bisa mengunduh aplikasi Pintar untuk pengguna iOS ataupun Android. Selain itu, masyarakat juga bisa memesan melalui situs pintar.bi.go.id.

Related posts

Leave a Comment