Bappeti Blokir Situs dan Aplikasi Trading Binomo

Bappeti blokir Binomo

Source: lawgo.id

Situs trading Binomo kini kembali menjadi sorotan. Hal ini karena situs dan aplikasi trading ini telah diblokir oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappeti).

Pemblokiran situs Binomo ini dilakukan bersamaan dengan 107 domain entitas lainnya yang tidak memiliki perizinan dalam bidang perdagangan berjangka komoditi. Hingga bulan Juli 2020, Bappeti telah memblokir sebanyak 692 domain entitas.

Pemblokiran situs-situs tersebut dilakukan dengan bantuan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Terdapat lima domain milik perusahaan Binomo yang telah diblokir oleh Kominfo. Kelima situs tersebut adalah Binomoapp.com, Binomoofficial.com, Binomoidn.info, Binomo-trading.com, dan Binomo-official.com.

Agus Suparmanto selaku Menteri Perdagangan menyatakan bahwa Bappeti rutin melakukan pengamatan dan pengawasan pada kegiatan usaha oleh entitas di sektor perdagangan berjangka komoditi yang tidak mempunyai perizinan.

Hal tersebut penting untuk dilakukan karena bertujuan untuk mencegah masyarakat mengalami kerugian jika terjadi pelanggaran ketentuan perundang-undangan bidang perdangan berjangka komoditi.

Sidharta Utama selaku Kepala Bappeti juga menambahkan bahwa semua pihak yang melakukan perdagangan berjangka di Indonesia harus memiliki izin dari Bappeti. Merka juga harus patuh pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ketentuan tersebut berlaku untuk perusahaan yang telah teregulasi oleh regulator luar negeri. Namun, jika perusahaan itu melakukan kegiatan di sektor perdangan berjangka di tanah air, perusahaan tersebut wajib memiliki izin dari Bappeti.

Sidharta menegaskan bahwa Bappeti akan memblokir situs-situs broker luar negeri secara rutin agar tidak bisa diakses oleh masyarakat Indonesia. Tujuan pemblokiran ini adalah untuk melindungi masyarakat. Selain itu, upaya ini juga bertujuan untuk emmberi ekpastian hukum pelaku usaha di sektor perdagangan berjangka.

Related posts

Leave a Comment