Kembangkan Wisata Medis, Pemerintah akan Bangun Rumah Sakit Internasional

pemerintah akan bangun Rumah sakit internasional

Source: bisnis.com

Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menko kemaritiman dan Investasi mengadakan rakor dengan kementerian lain untuk membahas rencana pengembangan wisata medis di tanah air.

Ide pengembangan wisata medis ini muncul saat analisis dari PwC tahun 2015 mengatakan bahwa Indonesia adalah negara asal wisatawan medis terbesar di dunia sejumlah 600 ribu orang. Bahkan jumlah ini mengalahkan Amerika yang hanya berjumlah 500 ribu orang.

Selain itu, saat pendemi seperti sekarang ini banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih untuk melakukan pengobatan dalam negeri daripada ke Singapura. Dengan melihat fakta-fakta ini, perlu dibangun rasa percaya wisatawan medis Indonesia untuk berobat ke dalam negeri.

Wacana wisata medis ini akan dapat dilakukan diversifikasi ekonomi. Selain itu, program ini juga bisa menarik investor serta menyediakan lapangan pekerjaan. Selain itu, wisata medis dalam negeri bisa menahan laju devisa agar tidak mengalir ke negara tujuan wisata medis.

Untuk mewujudkan industri wisata medis ini, pemerintah perlu memberikan dukungan secara lasiv melalui promosi serta membangun fasilitas penunjang. Untuk itu, BKPM diminta untuk mencari investor untuk membangun rumah sakit bertaraf Internasional di kawasan Bali, Jakarta, dan Medan.

Luhut memberi contoh agar rumah sakit tersebut dapat meniru RS John Hopkins di Amerika. Selain itu, Luhut juga akan mempertimbangkan untuk mendatangkan dokter spesialis tertentu dari luar negeri. Tentunya untuk mendatangkan dokter asing ini harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Luhut berharap agar momentum pandemi ini dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki infrastruktur, regulasi, serta fasilitas penunjang layanan kesehatan di tanah air. Dengan perencanaan yang bagus, diharapkan industri wisata medis dalam negeri akan dapat terwujud.

Related posts

Leave a Comment