Pupuk Indonesia Siap Distribusikan Pupuk Subsidi Melalui Kartu Tani

pupuk indonesia siap salurkan pupuk subsidi

Source: paktanidigital.com

PT Pupuk Indonesia mendukung program Kementerian Pertanian untuk memperkuat sektor pertanian. Salah satu cara yang dilakukan adalah menyediakan pupuk untuk seluruh petani.

PT Pupuk Indonesia berusaha agar penyaluran pupuk subisidi bisa tepat sasaran dengan menghadirkan Kartu Tani. Menurut arahan Menteri Pertanian, pelaksanaan dan pembagian Kartu Tani ini akan dilakukan secara bertahap di seluruh wilayah Indonesia.

Bakir Pasaman selaku Direktur Utama Pupuk Indonesia menyatakan bahwa pihaknya akan mendukung program Kementan untuk mengimplementasikan Kartu Tani ini. Melalui kartu ini, penyaluran pupuk subsidi diharapkan dapat lebih disiplin serta akuntabel seperti yang disampaikan oleh Syahrul Yasin Limpo selaku Menteri Pertanian.

Bakir juga telah menugaskan produsen agar menyalurkan pupuk subsidi ke wilayah yang telah mengimplementasikan Kartu Tani. Kini telah terdapat 7 Provinsi, 30 Kabupaten dan 208 Kecamatan yang telah mengimplementasikan kartu tersebut.

Sementara itu, Pupuk Indonesia juga berkoordinasi dengan Himbara untuk memberikan informasi dan data Kios Pupuk secara terperinci sebagai database penyaluran Kartu Tani. Pihak Pupuk Indonesia juga menargetkan agar jaringan Kion dapat menjadi Kios Pupuk lengkap. Saat ini progressnya sudah mencapai 83%.

Pupuk Indonesia juga berkomitmen untuk meningkatkan efisiensi agar Harga pokok penjualan dapat turun. Sehingga hal ini bisa meringkankan subsidi pemerintah.

Salah satu langkah yang diambil adalah melakukan koordinasi dengan Kementerian ESDM agar harga gas untuk produksi pupuk bisa turun. Selain itu, Pupuk Indonesia juga melaksanakan kebijakan reposisi gudang. Beberapa upaya yang dilakukan ini dapat menurunkan beban subsidi pupuk Pemerintah.

Sarwo Edhi selaku Dirjen PSP mengatakan bahwa dibutuhkan kerja keras serta kerja sama dengan berbagai pihak agar program Kartu Tani ini bisa direalisasikan. Namun, ia tetap optimis bahwa program ini dapat berjalan dengan lancar.

Related posts

Leave a Comment