Kemnaker Target Dirikan 1000 Balai Latihan Kerja Tahun ini

BLK Komunitas

Source: tabloidmaritim.com

Kementerian Tenaga Kerja memiliki target untuk mendirikan 1000 BLK atau Balai Latihan Kerja Komunitas untuk tahun ini. Setiap BLK Komunitas akan memperoleh bantuan sebesar Rp 1 miliar.

Ida Fauziyah selaku Menteri Ketenagakerjaan mengungkapkan hal ini saat menghadiri penandatanganan perjanjian kerja bersama BLK Komunitas Penetapan Tahap II serta Bantuan perluasan Kesempatan kerja Tahun 2020.

Ida mengatakan bahwa program pendirian BLK ini sudah ada sejak tahun 2017. Hingga tahun 2019, Menaker telah membangun 1113 BLK Komunitas. Sementara itu, untuk tahun 2020 ini, Menaker menargetkan untuk membangun 1000 BLK Komunitas.

Bantuan BLK Komunitas yang diberikan oleh pemerintah adalah berupa bantuan pembiayaan pembangunan gedung workshop serta bantuan pelatihan vokasi atau ketrampilan untuk satu bidang kejuruan. Nilai bantuan tersebut sebesar Rp 1 miliar untuk tiap BLK Komunitas.

Minggu lalu, pemerintah telah memberikan bantuan pada 100 BLK Komunitas untuk daerah Jwa Tengah dan sebagian daerah di Jawa Barat. Sementara itu, pemerintah juga telah memberikan bantuan kepada 50 BLK Komunitas untuk wilayah Yogyakarta dan Semarang.

Ida juga mengungkapkan bahwa pembangunan Balai Latihan kerja Komunitas tidak bisa dilakukan secara secara serentak saat pandemi seperti sekarang ini. Oleh karena itu, pemerintah akan melakukan pembangunan secara bertahap.

Ida menjelaskan bahwa Pemerintah akan tetap berusaha untuk mendirikan 1000 BLK Komunitas. Namun, tidak bisa jika harus mendirikan 1000 BLK secara langsung. Kemarin telah dibangun 300 BLK. Nanti bertahap akan dibangun 100 BLK di daerah lain.

Dengan demikian pemerintah bisa memastikan jika protokol kesehatan bisa dijalankan. Perjanjian kerja sama juga tetap bisa jalan. Sehingga, target 1000 BLK di tahun 2020 ini dapat tercapai.

Related posts

Leave a Comment