Sensus Penduduk Tatap Muka Dimulai Besok

sensus penduduk 2020

Source: bps.go.id

BPS atau Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa pelaksanan Sensus Penduduk secara tatap muka akan dimulai besok tanggal 1 September 2020. Pelaksanaan sensus di lapangan ini merupakan lanjutan dari sensus online yang telah dilakukan mulai tanggal 15 Februari hingga 29 Mei 2020.

BPS menyatakan bahwa pelaksanaan sensus penduduk 2020 ini dilakukan emlalui dua tahap. Tahap pertama merupakan sensus online yang telah berlangsung tanggal 15 hingga 29 Mei lalu. Sementara itu, tahap kedua merupakan sensus tatap muka yang akan dilakukan selama bulan September 2020.

Suhariyanto selaku Kepala BPS mengatakan bahwa sensus online baru mencakup 51,4 juta penduduk. Jumlah ini hanya 19% dari total seluruh penduduk Indonesia.

Suhariyanto mengatakan masih ada 81% penduduk yang harus dicatat. Oleh sebab itu, pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 akan dilanjutkan dengan pencacahan secara tatp muka atau langsung terjun ke lapangan untuk mencatat penduduk yang belum terdaftar SP online.

Sensus penduduk ini dilakukan untuk menghasilkan data tunggal mengenai penduduk Indonesia. Hasil sensus ini akan menjadi dasar untuk merencanakan pembangunan di segala bidang.

Sensus Penduduk 2020 memiliki dua tujuan. Tujuan yang pertama adalah menyediakan data tentang jumlah, komposisi, distribusi serta karakteristik penduduk. Sedangkan tujuan yang kedua adalah menyediakan data demografi meliputi fertilitas, mortalitas, serta migrasi.

Sensus Penduduk yang akan dilakukan mulai besok terbagi menjadi 3 zona. Zona 1, petugas sensus dengan didampingi ketua SLS akan meminta setiap rumah tangga untuk mengisi kuesioner. Di zona 2, petugas sensus didampingi ketua SLS akan mengkonfirmasi data yang telah tercatat di Dinas Kependudukan dan Catatn Sipil.

Sementara itu, untuk zona 3, petugas sensus akan mewancarai penduduk seperti kuesioner SP Online.

Pelaksanaan sensus penduduk 2020 dilakukan dengan tetap memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan. Setiap petugas akan menjaga jarak, menggunakan masker, face shield, dan sarung tangan.

Related posts

Leave a Comment