Tokopedia dan Bukalapak Kampanye Bersama di Hari Pelanggan Nasional

Kampanye bersama Bukalapak dan Tokopedia

Source: kumparan.com

Dua e-commerce terkemuka di Indonesia yakni Tokopedia dan Bukalapak menggelar kampanye bersama untuk memperingati Hari Pelanggan Nasional. Kedua marketplace ini dikenal tengah bersaing dalam hal bisnis. Namun, di media sosial beredar flyer kampanye bersama dua platform belanja ini.

Dalam flyer tersebut tertulis,”Dalam menyambut Hari Pelanggan Nasional 2020, dengan ini kami Bukalapak dan Tokopedia berjanji untuk terus berusaha memberikan layanan terbaik kepada anda dengan sepenuh hati sebagai ungkapan rasa terima kasih kami atas dukungan anda selama ini.”

Dengan beredarnya kampanye tersebut, banyak yang menduga bahwa kedua marketplace tersebut akan melakukan merger.

Namun, Antonia Adega selaku Senior Public Relations Tokopedia mengatakan banwa kampanye tersebut adalah promo untuk acara peringatan Hari Pelanggan Nasional.

Gicha Graciela selaku Senior Corporate Communication Manager Bukalapak juga menyampaikan hal senada. Ia mengatakan bahwa flyer tersebut adalah hanya sebagai kampanye bersama untuk peringatan Hari Pelanggan Nasional.

Seperti yang telah diketahui, beberapa waktu terakhir ini, persaingan di dunia ecommerce semakin sengit. Berbagai strategi jitu dijalankan ecommerce untuk menarik pelanggan. Diantaranya adalah dengan memberikan cashback belanja maupun gratis biaya pengiriman.

Bahkan pada kuartal II 2020 ini, posisi Tokopedia sebagai ecommerce dengan jumlah pengunjung terbanyak harus tergeser oleh Shopee. Dikutip dari data iPrice, Shopee memiliki jumlah pengunjung website terbanyak. Sementara itu, Tokopedia berada di urutan kedua dan Bukalapak berada di urutan ketiga.

Dominasi Shopee di bidang ecommerce juga diperkuat dengan penggunaan e-wallet ShopeePay. Layanan pembayaran elektronik ini juga mengalami pertumbuhan yang pesat hingga mampu bersaing dengan Gopay dan OVO.

Dengan kerja sama Tokopedia dan Bukalapak ini bisa jadi merupakan strategi bisnis kedua perusahaan untuk mengalahkan dominasi Shopee di bisnis ecommerce.

Related posts

Leave a Comment