Tarif Biaya Materai Rp 10 Ribu Diberlakukan Mulai 1 Januari 2021

materai Rp 10 ribu diberlakukan mulai 1 Januari

Source: headtopics.com

Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan menyatakan bahwa pemerintah akan menghapus biaya materai Rp 3000 dan Sp 6000. Sebagai gantinya, materai akan diubah menjadi satu tarif yakni Rp 10 ribu. Aturan ini akan mulai diberlakukan tanggal 1 Januari 2021.

Hal ini sesuai dengan pembahasan RUU Bea Materai yang dilakukan oleh Panja DPR RI pada tanggal 31 Agustus dan 1 September kemarin. Pembahasan tersebut telah selesai dan akan dibawa ke rapat paripurna DPR RI.

Sri Mulyani mengatakan,” UU ini akan berlaku mulai 1 Januari 2021, jadi tidak berlaku secara langsung pada saat diundangkan.”

Dalam raker bersama Komisi IX DPR RI, Sri Mulyani juga menyatakan baha dokumen yang mempunyai nilai sama atau dibawah Rp 5 juta tidak memerlukan materai. Sebelumnya, pemerintah mengeluarkan aturan bahwa dokumen di atas Rp 1 juta harus menggunakan materai.

Selain itu, Sri Mulyani juga menambahkan bahwa RUU Bea Materai tersebut terdiri dari 32 pasal. Ada pula pasal yang membahas tentang penyetaraan pengenaan pajak untuk dokumen kertas maupun digital.

Peraturan ini disesuaikan dengan perubahan zaman. Diharapkan UU tersebut bisa memberikan kesamaan perlakukan bagi dokumen kertas ataupun nonkertas.

UU Bea materai ini telah 34 tahun belum pernah direvisi. Oleh karena itu, revisi ini dilakukan juga untuk memberikan kepastian hukum untuk dokumen elektronik. Nantinya dokumen digital akan menggunakan materai elektronik yang telah disesuaikan dengan perkembangan teknologi.

RUU Bea materai juga berisi tentang sanksi administratif serta ketidakpatuhan pemenuhan dalam pembayaran bea materai. Sanksi pidanajuga telah disempurnakan untuk mencegah pidana dalam bidang perpajakan.

RUU Bea Materai sebentar lagi akan disahkan menjadi Undang-Undang dan akan diberlakukan mulai awal tahun depan. Diharapkan pemerintah bisa menyiapkan seluruh undang-undang di bawahnya. Selain itu, UU Bea materai ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Related posts

Leave a Comment