Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 7 Resmi Ditutup

pendaftaran kartu prakerja gelombang 7 ditutup

Source: mediaindonesia.com

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja resmi menutup proses pendaftaran kartu prakerja gelombang 7 pada siang ini, Senin 7 September 2020.

Louisa Tuhatu selaku Head of Communications PMO Kartu Prakerja mengatakan bahwa saat penutupan pendaftaran kartu prakerja gelombang 7 siang ini telah tercatat 2,8 juta orang telah mendaftarkan diri untuk kartu prakerja batch 7 ini.

Namun, sayangnya, kuota yang disediakan untuk gelombang 7 ini hanya sebesar 800 ribu orang. Jadi nantinya akan terdapat 2 juta pendaftar yang gagal dalam gelombang ini.

Louisa menambahkan bahwa total jumlah peserta kartu prakerja mulai dari gelombang 1 hingga 7 adalah 3,8 juta orang. Berdasarkan data dari PMO, total jumlah pendaftar program kartu prakerja sejak gelombang 1 pada tanggal 11 April lalu hingga saat ini telah mencapai 18,7 juta orang.

Kendati demikian, Louisa tidak mengungkapkan total insentif yang telah digelontorkan pemerintah pada peserta yang telah menyelesaikan program kartu prakerja ini.

Sebagai informasi, setiap peserta program Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif sebesar Rp 3,55 juta. Rincian insentif tersebut adalah sebagai berikut. Biaya bantuan pelatihan yang tidak bisa dicairkan sebesar Rp 1 juta. Insentif setelah penuntasan pelatihan sebesar Rp 600 ribu setiap bulan selama 6 bulan, serta insentif untuk survey senilai Rp 150 ribu.

Pemerintah menargetkan program kartu prakerja ini bisa menyerap 5,6 juta peserta hingga tahun ini. Untuk memenuhi kebutuhan program kartu prakerja ini, pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp 20 triliun.

Rincian anggaran tersebut adalah Rp 5,6 triliun untuk biaya pelatihan, Rp 13,45 triliun untuk insentif pasca pelatihan, Rp 840 miliar untuk dana survy, serta Rp 100 juta untuk PMO.

Kini total peserta yang telah terdaftar program kartu prakerja telah mencapai Rp 3,8 juta orang. Jadi amsih ada kesempatan untuk masyarakat yang belum terdaftar program ini. Masih ada kuota Rp 1,8 juta pada gelombang selanjutnya.

Related posts

Leave a Comment