11 Sektor Usaha Tetap Bisa Beroperasi Saat PSBB Kembali Diberlakukan

11 sektor usaha diizinkan beroperasi selama PSBB

Source: pikiran-rakyat.com

Pemprov DKI Jakarta kembali akan memberlakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar. Kebijakan ini diambil karena kasus Covid-19 semakin tinggi. Dengan demikian berbagai aktifitas perkantoran akan kembali dibatasi dengan pemberlakuan Work From Home. PSBB direncanakan akan kembali diberlakukan mulai hari Senin, 14 September 2020.

Gubernur DKI Jakarta yakni Anies Baswedan menyebutkan hanya 11 sektor usaha yang diizinkan tetap beroperasi dengan berbagai batasan. Ke sebelas bidang tersebut akan dievaluasi kembali oleh pihak terkait.

Anies menyatakan,” Jadi tidak boleh beroperasi seperti biasa, tapi lebih dikurangi dan perlu saya sampaikan bahwa izin operasi pada bidang-bidang non-esensial yang dulu mendapatkan izin akan dievaluasi ulang untuk memastikan bahwa pengendalian pergerakan kegiatan, baik kegiatan usaha maupun kegiatan sosial itu tidak menyebabkan penularan.”

Anies juga menginstruksikan agar semua tempat hiburan dan rekreasi harus ditutup. Hal ini termasuk tempat wisata yang dikelola oleh Pemprov Jakarta. Diantaranya adalah Ancol, Monas, Ragunan, serta taman kota.

Sementara itu, kegiatan usaha yang menjual makanan seperti cafe, restoran, dan rumah makan juga diperbolehkan tetap buka. Namun, mereka tidak diizinkan untuk menerima pengunjng yang bersantap di tempat.

Restoran dan rumah makan hanya diperbolehkan untuk menjual makanannya melalui pesan antar. Hal ini dikarenakan rumah makan adalah tempat yang memiliki resiko penularan yang tinggi.

Terkait dengan bidang usaha yang tetap diperbolehkan beroperasi telah diatur dalam Pergub no.33 Tahun 2020 tentang PSBB. Kesebelas sektor usaha tersebut adalah kesehatan, bahan pangan, energi, komunikasi & teknologi informasi, keuangan, logistik, perhotelan, konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar, serta kebutuhan sehari-hari.

Sektor tersebut tetap diizinkan beroperasi karena memiliki peran yang sangat penting untuk kelangsungan hidup masyarakat.

Related posts

Leave a Comment