KKP Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok

budidaya ikan sistem bioflok

Source: dayaternak.com

Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar berbagai program pelatihan untuk mendorong peulihan ekonomi masyarakat. Salah satunya adalah program pelatihan budidaya ikan dengan menggunakan sistem bioflok.

Pelatihan ini diikuti oleh 75 pelaku usaha budidaya ikan di Samarinda, Kalimantan Timur. KKP juga menggelar pelatihan untuk budidaya kepiting soka. Program ini diikuti oleh 299 peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Prof Sjarief Widjaja selaku Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia kelautan dan Perikanan (BRSDM) mengatakan,” Di tengah pandemi Covid-19, KKP menargetkan agar pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan dapat menumbuhkan wirausaha-wirausaha baru.”

Sjarief berharap agar seluruh peserta pelatihan tidak hanya berhenti pada level peningkatan ketrampilan. Namun diharapkan apa yang didapat melalui pelatihan dapat dimanfaatkan sebagai mata pencaharian yang baru.

Pelatihan tersebut memberikan materi seperi penyiapan kolam pembesaran, penanganan benih ikan, pengelolaan air untuk media pembesaran, pemeliharaan ikan, serta proses pemanenan.

Untuk kedepannya, pelatihan ini juga akan memberikan materi tentang pelatihan paska panen sehingga dapat menjadi usha yang mempunyai nilai tambah. Misalnya, ikan lele hasil budidaya sistem bioflok diolah menjadi lele crispy atau lele asap.

Dengan demikian, kota Samarinda dapat menjadi Sentra kuliner Lele Asap ataupun Lele Crispy. Hal ini tentunya dapat memunculkan klaster usaha baru dengan basis komoditas ikan lele.

Sjarief menambahkan bahwa diperlukan kerja sama dari para peserta agar dapat memenuhi kebutuhan. Diharapkan semua kelompok dapat berkolaborasi.

Jadi ada kelompok yang fokus pada pakan ikan, fokus di pembenihan, pebesaran, serta ada pula kelpmpok yang akan mengurusi paska panen.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI yakni Budisatrio Djiwandono menyambut baik adanya pelatihan ini. Karena dapat menumbuhkan wirausaha baru.

Related posts

Leave a Comment