Bisnis Pertamina Sektor NonMigas Semakin Menggurita

Patra Jasa anak perusahaan pertamina

Source: bisniswisata.co.id

PT Pertamina menjadi perusahaan BUMN yang memiliki paling banyak anan perusahaan. Meskipun perusahaan pelat merah ini bergerak di sektor energi dan migas. Namun, anak perusahaan Pertamina dengan jumlah 142 perusahaan banyak yang bergerak di bidang nonmigas.

Pertamina juga mengembangkan berbagai bisnis di luar sektor mintak dan gas. Diantaranya adalah bisnis properti, asuransi, ritel, hotel, hingga penerbangan. Beberapa tahun terakhir, Pertamina aktif merebranding perusahannya. Berawal dari perusahaan migas, kini Pertamina mengukuhkan diri menjadi perusahaan di bidang energi.

Berikut adalah beberapa bidang usaha yang dijalankan oleh ratusan anak perusahaan Pertamina.

  • Hotel.

Tidak banyak diketahui masyarakat, bahwa Pertamina memiliki bisnis di bidang perhotelan yang dijalankan oleh PT Patra Jasa. Tidak tanggung-tanggung, hotel yang dikelola anak perusahaan Pertamina ini merupakan hotel berbintang empat dan lima.

  • Rumah Sakit.

Pertamina juga merupakan BUMN yang mempunyai jaringan rumah sakit terbesar. Pengelolaan rumah sakit ini dijalankan oleh PT Pertamina Bina Medika.

  • Penerbangan.

Pertamina juga mempunyai maskapai penerbangan yaitu PT Pelita Air Service. maskapai ini menawarkan jasa penerbangan carter dan terjadwal.

  • Asuransi.

Pertamina juga mempunyai anak perusahaan yang bergerak di bidang asuransi yang dikeola oleh PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia. Bisnis asuransi ini meliputi reasuransi, asuransi umum dan syariah.

  • Minimarket.

Pertamina juga mengelola jaringan minimarket dengan nama Bright. Bright store dikelola oleh PT Pertamina Retail. Usaha minimarket ini memaksimalkan area SPBU milik Pertamina.

  • Properti.

Patra Jasa juga mengelola bisnis properti dengan membangun hunian mewah seperti Patraland Urbano, Patraland Amarta, dan Patraland Soho. Proyek lainnya yang tengah dikembangkan oleh Patra Jasa adalah Arkananta Apartemen dan Patra Comfort Dumai.

Related posts

Leave a Comment