Startup Teknologi Perikanan Banoo Tingkatkan Produktifitas Budidaya Ikan

Source: barnas.id

Banoo merupakan startup teknologi perikanan hasil karya dari alumni UGM. Startup ini menjadi finalis dari MIT Solve Sustainable Food System Challenge 2020. Banoo berhasil menyisihkan 2600 pendaftar yang berasal dari 135 negara. Perusahaan rintisan ini juga merupakan satu-satunya peserta dari Indonesia.

MIT Solve Sustainable Food System Challenge 2020 adalah kompetisi yang bertujuan untuk mencari perusahaan rintisan dengan basis teknologi. Sementara itu Banoo menciptakan alat berbasis teknologi untuk membantu pelaku usaha di bidang perikanan.

Salah satu alat yang diciptakan adalah microbubble generator. Alat ini mempunyai fungsi untuk menyemprotkan oksigen ke dalam air. Alat tersebut juga telah dilengkapi sensor sehingga dapat bekerja secara otomatis.

Menurut data dari riset yang dilakukan Banoo, teknologi yang diterapkan dalam alat tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan ikan hingga 42 persen. Hal ini dikarenakan alat tersebut dapat meningkatkan kandungan oksigen dalam air.

Azellia Alma Shafira selaku CEO Banoo mengatakan bahwa alat tersebut mempu menyemprotkan oksigen secara menyeluruh ke semua bagian kolam. Termasuk juga area datar. Semnetara itu, aerator hanya menjangkau area permukaan kolam

Padahal, oksigen sangat dibutuhkan di area dasar kolam karena tidak terpapar sinar matahari. Dengan penyemprotan oksigen yang merata, metabolisme ikan akan meningkat sehingga akan lebih banyak makan. Hasilnya, masa panen ikan tersebut akan lebih pendek

Ikan yang biasa dipelihara selama empat bulan, kini dalam masa tiga bulan sudah bisa panen. Tentunya hal ini akan menguntungkan petambak. Produktifitas meningkat sehingga pendapatan pun juga akan bertambah.

Alat ini diklaim mampu menghasilkan 124% lebih banyak jika dibandingkan dengan budidaya ikan secara konventional.

Teknologi ini juga menggunakan energi dari panel surya. Hal ini tentunya akan lebih efisien dan juga bisa diterapkan di daerah yang belum terjangkau listrik.

Related posts

Leave a Comment