Resto Besar Pilih Jajakan Menu di Pinggir Jalan Daripada PHK Karyawan

pizza hut berjualan di pinggir jalan

Source: berdaulat.id

Pandemi ini membawa pengaruh besar bagi kelangsungan bisnis restorn. Pihak restoran harus mencari cara untuk meningkatkan pendapatan. Kebijakan PSBB yang melarang restoran untuk melayani makan di tempat juga turut andil dalam menurunkan pendapatan restoran.

Salah satu strategi yang dilakukan restoran adalah dengan menjajakan menunya di pinggir jalan. Cara inilah yang juga dilakukan oleh Pizza Hut Indonesia. Pizza Hut Indonesia memilih untuk menerjunkan karyawannya untuk berjualan di pinggir jalan.

Berbagai hal menjadi pertimbangan perusahaan sebelum mengambil kebijakan tersebut. Salah satunya adalah daripada harus melakukan PHK karyawan, maka mereka lebih memilih untuk berjualan di pinggir jalan.

Kurniadi Sulistyomo selaku Corporate Secretary Sarimelati Kencana yakni pengelola Pizza Hut Indonesia mengatakan,” Kami juga mempertimbangkan faktor beban dan biaya yang perlu dikeluarkan, seperti misalnya, gaji karyawan, biaya sewa lokasi, beban operasional dan inventaris bahan makanan.”

Perusahaan harus tetap menanggung beban gaji karyawan karena restoran tetap memilih untuk memperkerjakan karyawan. Perusahaan tetap mempertimbangkan kelangsungan hidup keluarga karyawan.

Tujuan perusahaan adalah untuk menjaga keberlanjutan usaha dengan tetap mendukung kebijakan pemerintah terkait PSBB.

Pizza Hut menerjunkan karyawan freelance dan juga karyawan delivery nya untuk menjual pizza di pinggir jalan. Banyak petugas kurir yang kini beralih tugas untuk berjualan pizza di pinggir jalan.

Para karyawan Pizza Hut ini mengaku bahwa ada plus dan kinusnya ketika berjualan di pinggir jalan. Keuntungannya adalah mereka tidak mengalami pemutusan hubungan kerja. Sementara itu, negatifnya adalah mereka harus berpanas-panasan berjualan di pinggir jalan.

Dengan begitu, perusahaan masih dapat tetap bertahan dan memperoleh pemasukan selama pandemi ini.

Related posts

Leave a Comment