Tips Memulai Bisnis Online Yang Bisa Dilakukan Selama Pandemi

tips memulai bisnis online

Source: plutsubang.com

Selama pandemi ini, banyak pelaku usaha yang beralih menjadi pebisnis online. Bagi sebagian orang, bisnis online cukup mudah karena mereka hanya perlu bekerja di rumah. Hal tersebut menjadi solusi untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Bisnis online biasanya dilakukan sebagai bisnis sampingan. Meskipun begitu, bisnis ini dapat memberikan keuntungan seperti bisnis konvensional. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk memulai bisnis online sekarang juga.

Bagi pemula yang ingin mendirikan bisnis online, berikut adalah beberapa kiat dan tips untuk memulai bisnis online.

  • Memilih bisnis yang sedang naik daun.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memilih menjalani bisnis yang tengah banyak dicari orang. Peluang tersebut dapat mendatangkan banyak order. Untuk saat ini, bisnis yang menjanjikan adalah membuat masker kain ataupun membuat makanan atau camilan untuk dipasarkan secara online.

  • Pelajari sistem bisnis online.

Sebelum menjalankan bisnis, diperlukan pemahaman yang mumpuni bagaimana sistem binis online dapat berjalan. Misalnya dari sistem pemasaran dan pembayaran. Hal ini akan mempermudah saat binis tersebut mulai berjalan.

  • Membuat akun media sosial.

Media sosial berperan penting untuk memudahkan pemasaran produk. Media sosial seperti Instagram ataupun Facebook dapat menjadi etalase barang dagangan sehingga calon pembeli dapat mengaksesnya dengan mudah.

Dalam setiap unggahan perlu disampaikan secara rinci mengenai detail produk, sistem pembelian, sistem pembayaran, dan juga pengantaran.

  • Mengikuti wadah pelaku bisnis.

Memiliki jaringan yang luas akan memudahkan untuk mengembangkan bisnis. Dengan mengikuti komunitas, pelaku bisnis dapat saling berbagi ilmu, ide ataupun informasi terbaru. Dengan demikian, memiliki networking tentu bisa membantu untuk mengangkat binis yang dijalankan.

Related posts

Leave a Comment