Bisnis Tanaman Hias Kian Menjanjikan Di Masa Pandemi

monstera variegata

Source: 99.co

Beberapa waktu terakhir ini, tanah air dihebohkan dengan tanaman hias jenis Monstera Variegata yang memiliki harga puluhan juta rupiah. Tanaman hias ini pun diburu oleh para kolektor tanaman hias. Nampaknya, saat pandemi ini, bisnis tanaman hias terutama jenis Monstera atau biasa disebut janda bolong tengah naik daun.

Azis, seorang pedagang tanaman hias di Bogor mengatakan bahwa harga tanaman Monstera Variegata tersebut yang paling murah adalah Rp 75 juta. Harga itupun hanya untuk tanaman yang memiliki 2 daun dan masih kecil.

Tanaman janda bolong tidak hanya dibutu oleh kolektor tanaman dalam negeri tetapi juga luar negeri.

Selain Monstera Variegata atau Janda Bolong, jenis tanaman lain yang menjadi incaran kolektor adalah Philodendron Pink Princess. Tanaman ini juga termasuk kedalam keluarga philodendron seperti janda bolong.

Azis menambahkan,” Sekarang yang paling banyak peminat itu monstera, caladium, pink princess, itu harganya tinggi karena warnanya pink, dan kalau sudah tua itu satu daun berbentuk jadi 3. Philodendrum pink princess itu harganya tinggi juga.”

Meskipun begitu, harga Pink Princess tidak semahal harga Mostera Variegata. Harga Philodendrum Pink Princess tersebut hanya sekitar Rp 2 juta untuk tiga atau empat daun.

Azis mengungkapkan jika demam tanaman hias ini sudah dimulai sejak sebelum bulan puasa. Ia pun mengaku dapat meraup omzet hingga Rp 70 juta dalam bulan September ini.

Selain Azis, pedagang tanaman hias lainnya juga mengaku mendapatkan omzet hingga puluhan juta. Para pedagang mengatakan jika mereka selalu kehabisan stok tanamannya. Oleh karena itu, mereka harus berburu tanaman hias untuk pembibitan untuk dijual kembali.

Related posts

Leave a Comment