Mulai Tahun Depan, Harga Bea Materai Resmi Jadi Rp 10 Ribu

bea materai jadi Rp 10 ribu tahun depan

Source: dl-advokat.com

DPR RI telah menyetujui RUU tentang Bea Materai menjadi UU. Dengan begitu, mulai awal tahun depan, harga bea materai resmi menjadi Rp 10 ribu. Sebelumnya ada dua versi materai yaitu Rp 3 ribu dan Rp 6 ribu. Namun, mulai tahun depan hanya ada satu jenis materai yakni dengan harga Rp 10 ribu.

Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri keuangan mengungkapkan jika penyesuaian tarif materai tersebut tetap dengan mempertimbangkan daya beli masyarakat, pendapatan per kapita, serta kebutuhan penerimaan negara.

Sementara itu, kenaikan bea materai tersebut adalah bagian dari usaha untuk meningkatkan penerimaan pemerintah dari pajak. Diperkirakan dengan kenaikan tarif materai maka penerimaan pajak bisa bertambah hingga mencapai Rp 11 triliun pada tahun depan.

 Dalam Undang-undang bea materai yang baru juga terdapat perluasan definisi dokumen yang menjadi objek bea materai. Kini, materai tidak hanya untuk dokumen kertas namun juga dokumen elektronik.

Tujuan perluasan definisi tersebut adalah untuk menyetarakan fungsi antara dokumen kertas dan dokumen elektronik. Sehingga asas keadilan dapat ditegakkan dengan baik.

Sri Mulyani juga menjelaskan bahwa perubahan UU bea materai tersebut memang sangat diperlukan karena aturan yang lama sudah mencapai 35 tahun. Sementara kondisi dan situasi di amsyarakat telah banyak berubah. Diantaranya dari segi sosial, ekonomi, hukum, serta teknologi informasi.

Selain tarif yang naik, batas nilai dokumen yang dikenai pajak juga ikut dinaikkan. Sebelumnya, dokumen dengan nilai minimal Rp 250 ribu sudah dikenai bea materai. Kini, tarif dokumen yang dikenai bea materai adalah dengan nilai Rp 5 juta.

Selain itu, dokumen yang berkaitan dengan penanganan bencana alam serta yang bersifat non-komersil juga tidak diwajibkan untuk dikenai bea materai.

Related posts

Leave a Comment