Kini Penukaran Uang Rp 75 Ribu Bisa Melalui Semua Bank

penukaran uang 75 ribu kini bisa di semua bank

Source: bacamalang.com

BI memperluas akses penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan RI Ke 75 yaitu UPK 75 RI. Mulai hari ini tanggal 1 Oktober 2020, penukaran uang perinagtan kemerdekaan bisa dilakukan di semua bank.

Sebelumnya pemesanan ataupun penukaran uang edisi khusus tersebut hanya melibatkan 5 bank umum. Namun, mulai hari ini, BI membuka kesempatan untuk semua bank menjadi agen penukaran uang secara kolektif.

Onny Widjanarko selaku Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi mengatakan bahwa skema tersebut memudahkan masyarakat yang ingin melakukan penukaran. Masyarakat hanya perlu mendaftar di Bank Umum di wilayah masing-masing. Masyarakat juga bisa mengambil UPK pada bank tempat mereka mendaftar.

Instansi, lembaga, organisasi, maupun korporasi juga dapat melakukan mekanisme yang sama yakni penukaran secara kolektif. Lembaga tersebut dapat menjadi koordinator pooling untuk korporasi.

Bank, Lembaga ataupun organisasi dapat mengirimkan email yang berisi formulir permohonan serta data penukar pada PIC Kantor BI di wilayah masing-masing.

Hal ini dilakukan agar mendapatkan bukti pemesanan. Nantinya, dapat melakukan penukaran sesuai dengan waktu dan tempat yang ada di bukti pemesanan.

Perlu diketahui bahwa penduduk yang memiliki KTP hanya berhak melakukan penukaran satu lembar UPK 75 RI. Sementara untuk penukaran kolektif dapat dilakukan dengan minimal 17 orang dan tidak ada batasan maksimal.

Selain penukaran secara kolektif, BI juga membuka layanan penukaran secara individu. Masyarakat bisa mengakses aplikasi PINTAR pada hari kerja. Pendaftaran tersebut dimulai tanggal 30 Oktober 2020 dan akan terus diperpanjang.

Masyarakat yang melakukan penukaranUPK 75 diharapkan agar tetap mematuhi protokol kesehatan guna menekan penyebaran Covid-19.

Related posts

Leave a Comment