Pelonggaran PSBB Jakarta, Mal, Restoran, dan Tempat Wisata Boleh Buka

PSBB transisi restoran dan mal boleh buka

Source: beritasatu.com

Pemprov DKI Jakarta memberlakukan PSBB transisi mulai besok tanggal 12 Oktober 2020. Sejumlah tempat seperti bioskop, mal, restoran hingga tempat wisata kembali diizinkan buka namun harus dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Restoran dan juga cafe kini diperbolehkan melayani makan di tempat. Namun, waktu pelayanan dibatasi mulai jam 06.00 hingga pukul 21.00. Sednagkan untuk layanan take away atau delivery boleh buka  selama 24 jam.

Meskipun demikian, pihak restoran harus membatasi jumlah pengunjung maksimal 50% dari kapasitas. Jarak antar pengunjung minimal 1,5 meter kecuali untuk satu domisili. Selain itu, pengunjung juga dilarang berpindah-pindah. Semua alat makan dan minum juga harus distrerilisasi secara teratur.

Selain itu, restoran juga dapat menyelenggarakan live music dengan mengatur tempat duduk pengunjung. Seluruh pelayan juga harus memakai face shiled, masker dan juga sarung tangan.

Pemprov DKI juga mengatur protokol untuk pasar rakyat dan mal. Pasar dan mal bisa beroperasi dengan pembatasan kapasitas maksimal 50%. Untuk pusat perbelanjaan dapat beroperasi mulai jam 10.00 hingga 21.00 WIB.

Protokol tersebut juga berlaku untuk retail, pertokoan, dan juga UKM terdaftar. Pertokoan dapat mulai beroperasi pukul 06.00 hingga 21.00 WIB dengan maksimal pengunjung 50%.

Taman rekreasi/pariwisata seperti Ancol, Taman Mini, Ragunan, dan lainnya hanya boleh beroperasi pukul 08.00-17.00 WIB dengan maksimal 25% kapasitas. Pembelian tiket wajib secara daring dengan batas usia pengunjung di atas 9 tahun dan di bawah 60 tahun. Pengunjung wahana dan transportasi keliling tetap dibatasi

Sementara itu, untuk museum, galeri seni, dan tempat pameran bisa langsung beroperasi mulai besok dengan maksimal pengunjung sebanyak 50% dari kapasitas. Waktu operasi hanya berlaku pada  pukul 08.00-17.00 WIB. Pengelola museum dan tempat pameran harus mencatat data seluruh pengunjung dan pegawai dengan buku tamu atau sistem teknologi informasi.

Pusat kebugaran juga diizinkan beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 21.00 WIB. Kapasitas maksimal adalah 25%. Sementara itu, untuk jarak antar orang dan alat minimal 2 meter. Namun, latihan bersama tidak diperbolehkan dilakukan di dalam ruangan.

Related posts

Leave a Comment