Program Kartu Prakerja Gelombang 11 Kemungkinan Akan Dibuka

prakerja gelombang 11 kemungkinan akan dibuka

Source: prakerja.go.id

Program kartu prakerja untuk gelombang kemungkinan akan dibuka. Hal ini dikarenakan pemerintah mencabut kepesertaan penerima program prakerja pada gelombang-gelombang sebelumnya lantaran mereka tidak membeli pelatihan pertama.

jumlah penerima program yang dicabut kepesertaannya pada gelombang pertama hingga 8 sebanyak 344.959 orang. Dengan demikian secara keseluruhan, jumlah peserta yang telah dicabut kepesertaannya berjumlah 373.745 orang.

Di dalam Permenko No. 11 Tahun 2020 dijelaskan setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak mendapat SMS pengumuman dari Kartu Prakerja.

Rudy Salahuddin selaku Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja mengatakan bahwa dana pelatihan serta insentif peserta kartu prakerja yang dicabut kepesetaannya akan dikembalikan ke kas negara. Dana ini kemungkinan akan digunakan untuk pelaksanaan program kartu prakerja gelombang 11.

Rudy mengatakan,” Kemungkinan iya (dana yang dikembalikan) akan digunakan untuk batch 11.”

Akan tetapi Rudy tidak memberikan penjelasan lebih rinci mengenai kapan pendaftaran program kartu prakerja batch 11 akan dibuka. Perlu diketahui, program kartu prakerja diselenggarakan dengan tujuan mengembangkan kompetensi kerja para peserta, meningkatkan produktivitas serta daya saing. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mengembangkan kewirausahaan.

Untuk penyelenggaraan program kartu prakerja pada tahun ini, Pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp 20 triliun. Rincian dari dana tersebut adalah sebagai berikut. Rp 5,6 triliun untuk biaya pelatihan, Rp 13,45 triliun untuk insentif peserta, Rp 840 miliar untuk dana survey, serta Rp 100 juta untuk Project Management Office atau PMO.

Setiap peserta program Kartu Prakerja akan mendapat bantuan dari pemerintah senilai Rp 3,55 juta. Bantuan tersebut terdiri dari biaya bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta yang tidak bisa dicairkan (hanya untuk biaya pelatihan). Selanjutnya, insentif penuntasan pelatihan Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan, dan insentif survei kebekerjaan Rp 150.000.

Related posts

Leave a Comment