Kementrian KUKM Dorong UMKM Gunakan Marketplace

Kementrian KUKM dorong UMKM gunakan marketplace online

Source: bisnissulawesi.com

Di era digital ini banyak pelaku usaha terutama UMKM yang menggunakan media sosial untuk berjualan. Agar sistem pemasaran semakin berkembang, Kementrian KUKM menghimbau para pelaku bisnis dan UMKM untuk menggunakan Marketplace sebagai sarana pemasaran produk. Penggunaan marketplace dinilai dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Teten Masduki, selaku Menteri Koperasi dan UKM mengatakan,”Para pemilik UMKM atau bisnis lain yang memasarkan produk mereka lewat media sosial, kita dorong untuk beralih ke marketplace.” Hal ini dikarenakan banyak para reseller yang berhasil mengembangkan diri menjadi produsen. Oleh karena itu, kementrian KUKM sedang mempersiapkan beberapa pelatihan untuk pelaku usaha kecil dan menengah terkait dengan ekosistem digital. Program pemerintah seperti Kakak Asuh UMKM atau webinar diharapkan dapat membantu UMKM agar cepat berkembang.

Mengenai masalah pembiayaan, pemerintah telah menyusun beberapa kebijakan untuk membantu pelaku usaha kecil dan menengah yang kini terdampak Covid.  Kebijakan yang diambil antara lain, Insentif Pajak UMKM, Bantuan UMKM Covid, serta penundaan cicilan.

Teten menyatakan bahwa program ini dapat berjalan efektif jika pelaku UMKM mengajukan penghapusan pajak ataupun restrukturisasi pinjaman. Pemerintah akan terus mengawasi pelaksanaan ini dengan bekerja sama dengan OJK. Pemerintah juga berupaya untuk menyiapkan program dan kebijakan baru yang dirasa lebih efektif. Program Pemulihan Ekonomi Nasional juga terus dievaluasi untuk mewaspadai dampak jangka panjang dari masa pandemi ini.

Teten menambahkan bahwa pemerintah juga akan membantu koperasi yang menghadapi masalah pembiayaan akibat dari Covid ini terutama koperasi yang memberikan pembiayaan pada UMKM.  Misalnya adalah Koperasi Syariah, Koperasi Produksi, BMT, dll.

Sednagkan untuk merealisasikan program digitalisasi UMKM, Kementrian KUKM akan memberikan edukasi dan pelatihan pada pelaku usaha. Selain itu, pemerintah juga akan membantu pemasaran produk UMKM agar dapat masuk ke marketplace online. Hal ini dikarenakan banyak kasus UMKM yang telah masuk ke marketplace namun tetap gagal untuk mengembangkan pasar untuk produk mereka. Oleh sebab itu, diperlukan kesiapan UMKM dalam aspek kualitas dan supply produk, serta managemen pemasaran.

Related posts

Leave a Comment