Kemenperin Dorong Percepatan Transformasi Industri 4.0

Kemenperin dorong transformasi industri 4.0

Source: kemenperin.go.id

Kementrian Perindustrian tengah berjuang untuk menyelamatkan sektor industri dari dampak Covid-19. Salah satu kebijakan yang diambil adalah akselerasi transformasi industri. Kebijakan ini tentunya searah dengan program Making Indonesia 4.0. Langkah strategis ini diambil guna meningkatkan produktifitas dan memulihkan perekonomian nasional.

Dengan adanya transformasi industri 4.0 diharapkan sektor industri mampu meningkatkan daya saing tanpa mengesampingkan protokol kesehatan di tengah pandemi. Untuk itu, Kementerian Perindustrian giat mensosialisasikan program Transformasi Industri 4.0 kepada para pelaku industri. Salah satunya melalui program INDI 4.0 atau Indonesia Industri Readiness Index.

Kepala BPPI mengungkapkan,”Sebanyak 500 perusahaan terlibat dalam program assessment INDI 4.0 pada tahun 2019.” Program ini bertujuan untuk mengukur seberapa siap industri tersebut untuk berubah menjadi industri 4.0. Indeks INDI 4.0 adalah tolak ukur pemerintah untuk menilai kesiapan perusahaan tersebut untuk bertransformasi menjadi industri 4.0. Terdapat lima faktor yang menentukan kesiapan pelaku industri tersebut. Lima pilar tersebut adalah pilar orang dan budaya, manajemen dan organisasi, produk dan layanan, teknologi, serta operasi pabrik.

Program Assessment INDI 4.0 ini dilakukan secara online pada SIINas atau Sistem Informasi Industri Nasional. Sebanyak 150 perusahaan di bidang industri telah terlibat. Perusahaan tersebut bergerak di bidang pangan, otomotif, elektronik, farmasi dan alat kesehatan, serta kimia. Perusahaan yang telah berhasil menjalankan transformasi industri pada tahun sebelumnya juga turut hadir.

Doddy Rahadi selaku Ketua BPPI mengatakan bahwa Transformasi Industri 4.0 dapat memberikan banyak manfaat bagi pelaku industri. Keuntungan tersebut antara lain menurunkan biaya operasional, memaksimalkan kinerja mesin, dan meningkatkan produksi serta kualitas. Hal yang paling penting adalah program ini sesuai dengan prosedur kesehatan selama pandemi.

“Dalam kondisi pandemi ini, banyak pelaku industri yang aktif untuk menjalani transformasi industri, tentunya hal ini dapat meningkatkan daya saing.” Imbuh Doddy. Dalam program Assessment INDI 4.0 ini, Doddy juga menjelaskan strategi industri serta keuntungan dari transformasi industri 4.0. Program ini tentunya dapat menjadi solusi agar perusahaan tetap produktif dalam masa pandemi ini.

Kemenperin tidak hanya akan melakukan assessment INDI 4.0. Tetapi pemerintah juga akan memberikan pendampingan kepada perusahaan dan pelaku industri. Tujuannya adalah untuk memberikan langkah strategis bagi perusahaan untuk menomorsatukan implementasi industri 4.0 agar dapat merasakan manfaatnya di tengah pandemi ini.

Related posts

Leave a Comment