Selama Pandemi, Penjualan Sepeda Secara Online Meningkat

tren penjualan sepeda di marketplace meningkat

Source: anlene.com

Tren bersepeda sepertinya semakin populer di masa pandemi ini. Hal ini dibarengi dengan meningkatnya penjualan sepeda di sejumlah platform belanja atau belanja. Banyak masyarakat yang memilih untuk membeli sepeda secara online.

Beberapa e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak mencatat penjualan sepeda mengalami kenaikan hingga empat kali lipat. Jumlah kenaikan tersebut dibandingkan dengan sebelum pandemi terjadi.

Intan Wibisono selaku Head of Corporate Communication Bukalapak mengatakan bahwa menurut data internal Bukalapak tercatat bahwa sepeda semakin diminati para konsumen. Kenaikan penjualan sepeda di platform Bukalapak mengalami kenaikan hingga 400%. Kenaikan ini terjadi antara bulan Juni hingga bulan Juli.

Produk yang paling banyak dicari di marketplace Bukalapak adalah kategori sepeda lipat. Kemudian disusul jenis sepeda gunung. Selain itu, barang lain yang banyak dicari yaitu perlengkapan bersepeda seperti helm, kacamata google, sampai botol minum.

Intan menambahkan bahwa wilayah yang paling banyak memesan produk sepeda adalah Jakarta. Sementara itu, rata-rata sepeda yang dibeli masyarakat berada di kisaran harga Rp 2 juta sampai Rp 3 juta.

David Kartono selaku AVP of Business Tokopedia juga mengatakan bahwa antusiasme masyarakat untuk bersepeda sangat tinggi. Tokopedia juga mencatat terjadinya kenaikan transaksi pembelian sepeda maupun aksesoris sepeda. Kenaikan ini terjadi hingga tiga kali lipat dalam periode bulan Maret hingga Bulan Juni 2020.

Menurut data Tokopedia, jenis sepeda yang paling banyak dibeli adalah sepeda lipat, sepeda anak, dan sepeda gunung. Sedangkan wilayah pembelian menyebar meliputi Jawa, Sumatera, hingga Sulawesi.

Sedangkan menurut platform belanja Shopee, tren pembelian sepeda juga meningkat. Menurut data perusahaan Shopee, jenis sepeda yang paling banyak dicari konsumen adalah sepeda gunung, sepeda lipat, sepeda jalan, serta fixed gear.

Senada dengan Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee, platform Blibli juga mencatat adanya peningkatan transaksi pembelian sepeda hingga 2,5 kali lipat. Tren penjualan sepeda diperkirakan akan semakin meningkat.

Related posts

Leave a Comment