Gandeng Facebook, Kemenkop UKM Beri Pelatihan Pedagang Online

Facebook beri pelatihan UMKM

Source: validnews.com

Bekerja sama dengan Facebook, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah memberikan pelatihan pada 15 ribu pelaku UMKM. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali pengetahuan untuk berjualan melalui Facebook, Whatsapp, dan Instagram.

Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM mengatakan bahwa kini telah banyak UMKM yang mempromosikan dagangannya melalui media sosial. Banyak diantara mereka yang menjadi reseller.

Dengan memberikan pelatihan ini, Kemenkop UKM ingin meningkatkan kemampuan pelaku UMKM untuk berjualan online melalui media sosial. Selain itu, pelatihan ini merupakan langkah untuk mewujudkan 10 juta UMKM berjualan online. Target ini harus dapat dicapai hingga akhir tahun.

Teten menambahkan bahwa digitalisasi UMKM penting untuk dilakukan agar pasar ereka semakin luas. Dengan berjualan online, mereka tidak hanya bisa merambah pasar domestik tetapi juga pasar luar negeri.

Di samping itu, UMKM yang merambah ekosistem digital akan lebih mudah untuk mengajukan pinjaman. Pasalnya, UMKM yang telah terdaftar dalam ekosistem digital memiliki transaksi perdagangan yang tercatat dengan transparan dan baik. Oleh karena itu, mereka bisa mendapatkan investasi atau pinjaman modal karena bisnis mereka lebih akuntabel.

Ruben Hattari selaku Public Policy Lead Facebook Indonesia mengatakan bahwa kerja sama antara pemerintah dan Facebook dapat menjadi sarana untuk mengembangkan bisnis UMKM. Program pelatihan ini akan diberikan selama 6 bulan atau selama pandemi ini. Bahkan Facebook tidak menutup kemungkinan bahwa akan terus memberikan pelatihan ini sampai tahun depan.

Sebagai informasi, Facebook juga telah memberikan pelatihan serupa kepada sekitar 85 ribu pelaku UMKM. Tujuan dari pelatihan ini tidak lain adalah untuk mempercepat digitalisasi UMKM. Akselerasi ini perlu untuk segera direalisasikan karena untuk kedepannya, tren market akan mengarah pada ekosistem digital.

Oleh karena itu, pemerintah mendorong semua pelaku UMKM agar memanfaatkan media sosial yang ada untuk memperluas pasar mereka.

Related posts

Leave a Comment