Kemenkominfo Targetkan Seluruh Desa Dapat Akses 4G pada 2022

Kominfo targetkan semua desa terjangkau 4G

Source: selular.id

Kemenkominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan jaringan internet 4G dapat tersedia di seluruh desa di Indonesia pada tahun 2022. Hal ini bertujuan agar Indonesia dapat menjadi bangsa digital.

Johnny G Plate selaku Menkominfo mengungkapkan bahwa saat ini ada sekitar 12.548 desa dan kelurahan yang belum memiliki akses layanan internet yang memadai.

Johnny menambahkan bahwa tugas kita bersama adalah memastikan bahwa seluruh pelosok desa maupun kelurahan di aderah 3T (terluar, tersepan, tertinggal) dapat terjangkau layanan internet 4G selambat-lambatnya pada tahun 2022. Hal ini memungkinkan masyarakat dapat bermigrasi untuk masuk ke era masyarakat digital.

Indonesia memiliki agenda Percepatan Transformasi Digital Nasional. Target ini meliputi Indonesia merdeka sinyal internet 4G. Untuk itu, Kemenkominfo tengah berupaya serius untuk melaksanakan percepatan transformasi digital nasional melalui 5 prioritas.

Prioritas yang pertama adalah penyelesaian pembangunan infrastruktur internet 4G di 150 ribu titik layanan publik dan 12.548 desa dan kelurahan.

Yang kedua adalah pembangunan PDN atau Pusat Data Nasional. PDN menjadi syarat agar terwujud kebijakan satu data Indonesia. Tujuan PDN adalah agar pemerintah bisa melaksanakan e-government melalui satu pusat data.

Prioritas ketiga adalah pembangunan SDM pada bidang digital secara berkelanjutan dan komprehensif. Hal ini dimulai dari talenta digital, literasi digital, hingga level kepemimpinan digital.

Sementara itu, prioritas keempat adalah memperkuat ekosistem ekonomi digital. Cara yang dilakukan adalah dengan memfasilitasi program pengembangan stratup digital, UMKM jualan online, serta penggunaan teknologi digital oleh para nelayan dan petani.

Dan yang terakhir adalah menyelesaikan peraturan pendukung ekosistem digital meliputi RUU perlindungan data pribadi serta RUU cipta kerja. Legislasi ini diharapkan bisa mendorong akselerasi untuk digitalisasi nasional.

Related posts

Leave a Comment