Geser Tokopedia, Shopee Jadi E-Commerce No 1 di Indonesia

Shopee jadi jawara e-commerce

Source: campaignasia.com

Posisi Tokopedia sebagai jawara e-commerce kini harus tergeser oleh Shopee. Hal ini menunjukkan bahwa persaingan di dunia e-commerce memang sangat ketat.

Mengutip data dari iPrice, pada kuartal II 2020, jumlah pengunjung website Shopee adalah sebanyak 93,44 juta orang per bulan. Sedangkan jumlah pengunjung Tokopedia hanya 86,103 juta per bulan.

Pada peringkat ketiga ditempati oleh Bukalapak dengan total pengunjung selama kuartal II 2020 sebanyak 35,288 juta orang tiap bulan. Sementara itu, Lazada harus puas berada di posisis ke empat dengn total pengunjung 22,021 juta per bulan. Untuk urutan kelima ditempati oleh BliBli dengan jumlah pengunjung 18,307 juta pelanggan setiap bulan.

Dilansir dari data iPrice, Tokopedia memang dudah tidak menjadi e-commerce yang mempunyai paling banyak pengunjung sejak kuartal III tahun 2019. Padahal, pada kuartal sebelumnya, Tokopedia masih menjadi raja e-commerce dengan jumlah pengunjung situs paling banyak.

Sebagai informasi, iPrice menggunakan data yang diperoleh dari SimilarWeb untuk mendapatkan data rata-rata pengunjung situs. Selain itu, iPrice juga menggunakan data dari App Annie.

Meskipun bisa dibilang Shopee masih terbilang cukup muda jika dibanding e-commerce lain. Namun, e-commerce ini mampu menunjukkan kiprah yang baik dalam persaingan di dunia e-commerce. Bahkan Shopee juga menjadi e-commerce yang cukup disegani di kawasan Asia Tenggara.

Strategi yang dilakukan Shopee adalah dengan menciptakan terobosanbaru. Salah satunya dengan melakukan pendekatan terhadap konsumen melalui aplikasi mobile. Shopee juga memberikan berbagai promo menarik bagi para pelanggan. Diantaranya adalah program gratis ongkos kirim hingga promo cashback.

Dominasi Shopee di bidang e-commerce juga diperkuat dengan adanya e-wallet ShopeePay. Layanan pembayaran elektronik ini juga mengalami pertumbuhan yang pesat hingga mampu bersaing dengan Gopay dan OVO.

Related posts

Leave a Comment