Dukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia, 4,3 Juta UMKM Gunakan QRIS

4,3 juta UMKM telah gunakan QRIS

Source: bi.go.id

Perry Warjiyo selaku Gubernur BI mengatakan bahwa 4,3 juta UMKM kini telah terdaftar sebagai pengguna QR Code Indonesian Standart. Pernyataan ini dikeluarkan saat menghadiri High Impact Seminar dan Kick Off Program Bangga Buatan Indonesia.

Perry mengatakan bahwa diperlukan sinergi antar lembaga dan kementerian agar  UMKM Indonesia dikenal di seluruh dunia. Pihaknya juga terus berupaya untuk mendukung digitalisasi UMKM. Salah satunya adalah digitalisasi melalui sistem pembayaran.

Perry menambahkan bahwa Business Matching UMKM 2020 meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu. Program Business Matching tahun ini bisa menggaet buyer dari Korea Selatan, Jepang, dan Cina.

Selain itu, untuk mendorong digitalisasi UMKM, BI juga menggelar program Hi Impact Seminar dan Kick Off program Bangga Buatan Indonesia. Tema yang diangkat dalam program ini adalah Mewujudkan UMKM sebagai Kekuatan baru Perekonomian Nasional: Sinergi Program Transformasi UMKM Memasuki Ekosistem Digital.

Kerja sama antar Kementerian dan lembaga ini diharapkan bisa mendorong debut pasar-pasar UMKM agar dikenal di dunia. BI juga telah meluncurkan UMKM platform digital di Singapura. Nantinya, plaform digital ini juga akan ditingkatkan di negara-negara lain.

Program UMKM Go Digital ini menjadi warna khusus bagi lembaga serta Kementerian, karena pihak kementerian selalu mendorong proses digitalisasi UMKM slah satunya melalui digitalisasi proses pembayaran.

Semakin banyaknya merchant UMKM yang telah teregistrasi oleh QR Indonesia Standar diharapkan dapat mendukung program Bangga Buatan Indonesia.

BI juga telah melakukan webinar tentang kampanye produk UMKM di program Karya Kreatif Indonesia di wilayah Sumatera, Jawa, dan kawasan Timur Indonesia. BI berharap digital payment dapat mendukung serta membuat UMKM semakin berkembang.

Related posts

Leave a Comment