TikTok dan 9 Perusahaan Digital Lain Tarik PPN 10% Mulai Hari Ini

Tiktok mulai tarik PPN

Source: glints.com

Pengguna aplikasi TikTok harus bersiap karena mulai tanggal 1 September, perusahaan ini akan menarik PPN 10% dari setiap transaksi jasa atau barang konsumennya.

Ketentuan pajak 10% ini telah diatur oleh Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-12/PJ/2020 mengenai Batasan Kriteria tertentu Pemungut Pajak serta Penunjukan Pemungut, pemungutan, Penyetoran, dan Pelaporan Pajak Pertambahan Nilai Atas Pemanfaatan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud dan atau jasa Kena Pajak dari Luar Daerah Pabean di Dalam Daerah Pabean.

Ditjen Pajak perupaya memperluas basis dari pajak digital dengan menunjuk TikTok dan sembilan perusahaan asing yang bergerak di bidang digital. Kesembilan perusahaan asing tersebut meliputi Facebook Payments International Ltd, Facebook Ireland Ltd, Facebook Technologies International Ltd, Audible Inc, Amazon.com Service LLC, Apple Distribution International Ltd, Alexa Internet serta The Walt Disney Company Southeast Asia Pte.Ltd.

Sepeuluh perusahaan tersebut merupakan gelombang kedua yang mulai menarik pajak pertambahan nilai mulai tanggal 1 September 2020.

Selain itu, adapula enam perusahaan lain yang telah memulai menarik PPN 10% sejak tanggal 1 Agustus 2020. Keenam perusahaan tersebut adalah Google Asia Pacific Pte, Amazon Web Service Inc, Google LLC, Google Ireland Ltd, Spotify AB, dan Netflix International BV.

Jadi, kini total ada 16 perusahaan asing di bidang digital yang menjadi pemungut pajak pertambahan nilai 10% atas barang dan jasa digital.

Hestu Yoga Saksama selaku Direktur Pelayanan, Penyuluhan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Kemenkeu mengatakan bahwa pemungutan PPN ini adalah upaya pemerintah untuk membangun kesetaraan berusaha untuk semua pelaku usaha baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Related posts

Leave a Comment