Tak Hanya Blanja.com, 2 E-commerce Lain juga Berhenti Beroperasi

blanja.com dan sorabel tutup

Source: medcom.id

Persaingan di dunia e-commerce nampaknya semakin ketat. Terbukti, e-commerce milik Telkom yakni Blanja.com harus berhenti beroperasi. Selain ketatnya persaingan, dampak pandemi sepertinya juga turut andil sehingga menyebabkan beberapa e-commerce harus gulung tikar.

Blanja.com merupakan situs belanja online hasil kerja sama antara Telkom dan Ebay. Pihak Telkom menyatakan bahwa penutupan Blanja.com dikarenakan perusahaan akan lebih fokus untuk mengembangkan bisnis e-commerce untuk segmen korporasi dan juga Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Model bisnis yang akan dijalankan adalah B2B atau Business to Business.

Fajrin Rasyid selaku Direktur Digital Business Telkom menyatakan bahwa penutupan blanja.com adalah langkah strategis yang diambil oleh Telkom untuk pengembangan bisnis e-commerce. Hal tersebut sejalan dengan rencana jangka panjang bisnis Telkom untuk meningkatkan profitabilitas.

Selain blanja.com, ternyata ada dua e-commerce lain yang juga harus berhenti beroperasi saat pandemi ini. Kedua e-commerce tersebut adalah Sorabel dan Stoqo. Stoqo berhenti beroperasi pada bulan April. Sednagkan Sorabel tutup pada bulan Juli lalu.

Sorabel merupakan e-commerce yang menyasar pangsa pasar menengah ke bawah. Namun, karena sebagian masyarakat pada segmen tersebut terkena imbas pandemi, Sorabel harus menghadapi kenyataan bahwa bisnisnya tidak bisa diselamatkan lagi.

Jeffrey Yuwono selaku Co-founder Sorabel menyatakan,”Covid-19 menyerang pada titik paling rentan dalam strategi pendanaan dan menghancurkan basis pelanggan inti kami.”

Meskipun demikian, Yuwono memiliki rencana untuk membangun kembali brand Sorabel secara offline. Pihaknya ingin mendirikan bisnis fashion yang berdiri sendiri. Oleh karena itu, ia ingin mencoba untuk mendirikan bisnis fashion offline.

Ketiga e-commerce tersebut harus tutup karena kompetisi yang ketat. Meskipun layanan e-commerce tengah banyak diminati oleh masyarakat di tengah pandemi ini.

Related posts

Leave a Comment