Persaingan Memanas, ShopeePay Kini Ungguli Gopay dan OVO

ShopeePay ungguli OVO dan Gopay

Source: shopee.co.id

Persaingan di sektor fintech atau teknologi finansial semakin memanas. Berdasarkan data dari dua survey menunjukkan bahwa jumlah transaksi di ShopeePay telah mengungguli Gopay dan OVO selama pandemi ini.

ShopeePay merupakan metode pembayaran digital yang tersedia di platform belanja online Shopee. Data menunjukkan bahwa sekitar 45% transaksi belanja di ecommerce tersebut menggunakan metode pembayaran Shopeepay.

Cindy Candiawan selaku Marketing Manager ShopeePay mengatakan bahwa Shopee terus fokus untuk mengembangkan kerja sama dengan berbagai industri dan perusahaan lainnya guna meningkatkan penggunaan layanan dompet digital. Namun Cindy tidak memberikan rincian daris ektor yang diincar.

Cindy menambahkan,”Kami ingin menjadi platform e-money yang digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk segala jenis kebutuhan.”

Berdasarkan data dari survey Markplus and SnapCart, ShopeePay unggul dalam sisi frekuensi transaksi maupun nilai transaksi. Berdasarkan survey SnapCart, ShopeePay mencapai frekuensi transaksi sebesar 32%. Sementara itu, OVO di posisi kedua dengan frekuensi 25%, dan Gopay 20%.

Shopee fokus untuk menjalankan tiga strategi untuk meningkatkan transaksi pelanggan. Strategi yang pertama yaitu promosi. Istilah yang sering digunakan oleh ekosistem digital adalah bakar uang. Shopee memberikan banyak voucher diskon serta cashback. Bahkan Shopee juga menawarkan voucher belanja hanya seharga Rp 1 saja.

Promosi tersebut digelar mulai 18 Agustus hingga 9 September. Masyarakat dinilai sangat antusias dengan program promosi tersebut. Oleh karena itu, Shopee akan menghadirkan program serupa dan lebih menarik kedepannya.

Strategi kedua adalah dengan menggandeng lebih banyak merchant atau mitra penjual. Tidak hanya merchant yang menjual makanan minuman, Shopee juga bekerja sama dengan ritel, busana hingga logistik.

Strategi terakhir adalah dengan fokus membangun ekosistem digital yang berkelanjutan. Salah satunya adalah dengan menggunakan ShopeePay sebagai layanan dompet digital.

Related posts

Leave a Comment