Produk Fashion Rajai Transaksi E-commerce Selama Pandemi

produk fashion rajai transaksi ecommerce

Source: medcom.id

Menurut hasil riset yang dilakukan oleh Markplus tentang e-commerce di masa pandemi, dapat disimpulkan jika produk yang paling banyak dibeli oleh pelanggan ecommerce selama kuartal III adalah produk fashion atau pakaian.

Kesimpulan ini dapat dilihat dari presentase penjualan dari berbagai kategori yang paling sering dibeli oleh konsumen untuk produk fashion adalah sebagai berikut. Di platform Shopee sebesar 59%, Bukalapak 26%, Tkopedia 33%, Lazada 40%, Blibli 28%, serta JD.ID 31%.

Rhesa Di Prabowo selaku Head of High Tech, Property, and Consumer Goods Industry Markplus menyatakan bahwa transaksi produk kecantikan dan perawatan tubuh di Shopee sebesar 54%, Bukalapak 25%, Tokopedia 29%, Blibli 29%, JD.ID 36%, dan Lazada 34%.

Sementara itu, transaksi produk digital di Shopee sebesar 54%, Bukalapak 50%, Tokopedia 51%, Lazada 24%, Blibli 35%, dan JD.ID 41%.

Sedangkan untuk transaksi produk aksesoris fashion seperti jam, tas, sepatu di Shopee sebesar 48%, Bukalapak 30%, Tokopedia 30%, JD.ID 33%, Lazada 42%, dan Blibli 28%.

Rhesa juga menambahkan bahwa kampanye yang dilakukan oleh e-commerce juga berkaitan erat dengan meningkatnya transaksi di platform tersebut. Kampanye promosi tersebut meliputi cashback, potongan harga, dan juga gratis ongkos kirim.

Untuk kategori kampanye promosi ini, Shopee 9.9 Super Shopping Day menjadi kampanye yang paling dikenal oleh masyarakat dengan presentase 95%. Sednagkan Waktu Indonesia Belanja yang digelar oleh Tokopedia mendapat presentase 71%.

Disusul oleh Lazada 9.9 Big sale dengan presentase 64%, Blibli Belanja Seru dengan presentase 22%. Dan juga Bukalapak Borong Ekstra dan Bazar Heboh dengan presentase 20%.

Berbagai penawaran menarik dan kenyamanan saat berbelanja online mempengaruhi konsumen untuk tetap setia belanja online. Dengan berbagai solusi dan promosi yang ditawarkan e-commerce, maka penggunaan dan transaksi e-commerce di masa yang akan datang akan semakin tinggi.

Related posts

Leave a Comment