Disney Fokus Kembangkan Bisnis Layanan Streaming

Disney fokus kembangkan layanan streaming

Source: suara.com

Walt Disney Co merombak bisnis hiburan dan media untuk mempercepat perkembangan bisnis Disney+ dan juga layanan streaming lainnya. Keputusan ini didasarkan karena konsumen semakin tertarik pada layanan berbasis digital.

Disney akan memisahkan produksi program agar dapat lebih responsif pada permintaan konsumen. Langkah ini diambil setelah Daniel Loeb seorang aktivis investor dari Hedge Fund Third Point meminta Disney untuk membatalkan pembayaran dividen pada pemegang saham serta menggandakan investasi program streaming.

Saham Disney meningkat hingga 5% dalam pedagangan menjadi $130,76. Perusahaan hiburan ini sebelumnya telah meluncurkan layanan streaming yang diberi nama Disney+ pada bulan November 2019.

Layanan ini bahkan telah dapat melampaui target Disney dengan memperoleh lebih dari 100 juta pelanggan di seluruh dunia.

Sementara itu, saingan Disney+ yakni Netflix kini memiliki 193 juta pelanggan. Namun, jumlah tersebut dapat dicapai setelah Netflix beroperasi selama 13 tahun. Disney+ dapat meraih 100 juta pelanggan hanya dalam 1 tahun saja.

Bob Chapek selaku Kepala Eksekutif Disney mengatakan bahwa perusahaan berencana untuk meningkatkan investasi dalam konten tetapi dia tidak mengatakan apakah pihaknya siap untuk memotong dividen untuk mendanai strategi tersebut.

Loeb juga menyambut baik perombakan struktur media dan juga hiburan pada Disney. Loeb mengatakan,” Kami senang melihat Disney berfokus pada peluang yang sama yang membuat kami menjadi pemegang saham yang begitu antusias berinvestasi besar-besaran dalam bisnis, memposisikan Disney untuk berkembang di era hiburan berikutnya.”

Setelah perubahan terjadi, bisnis studio, olahraga, dan juga hiburan umum akan dibawah naungan satu divisi. Sementara itu komersialisasi dan juga distribusi akan berada di bawah naungan divisi yang berbeda.

Disney menyebutkan bahwa tim kreatif akan memproduksi program streaming dan juga platform tradisional. Kemudian, grup distribusi yang akan memutuskan bagaimana dan di mana pelanggan akan melihat program tersebut.

Related posts

Leave a Comment