DANA Resmi Jadi Mitra Pembayaran Insentif Kartu Prakerja

DANA jadi mitra kartu prakerja

Source: prakerja.go.id

Pemerintah menambah mitra untuk penyaluran insentif kartu prakerja. Yang terbaru, pemerintah bekerja sama dengan layanan dompet digital DANA sebagai mitra pembayaran. Sebelumnya, pemerintah telah lebih dahulu bekerja sama dengan perusahaan e-wallet lainnya yaitu LinkAja, OVO, dan Gopay.

Selain itu, pemerintah juga mengandeng lembaga perbankan yaitu BNI sebagai penyalur pembayaran insentif program kartu prakerja.

Rudy Salahuddin selaku Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, ketenagakerjaan, dan UMKM Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan,” Sejak awal digandeng empat mitra yakni BNI, OVO, LinkAja, dan GoPay. Hari ini kami sampaikan, DANA telah resmi menjadi mitra pembayaran di kartu prakerja.”

Rudy mengungkapkan bahwa sebanyak 75% peserta program kartu prakerja lebih memilih dompet digital sebagai sarana penyaluran insentif. Bahkan masyarakat yang sebelumna tidak memiliki rekening kini telah memiliki rekening dan juga akun e-wallet setelah menjadi peserta program kartu Prakerja.

Penyaluran insentif kartu parkerja memang menggunakan konsep digital. Hal ini bertujuan agar proses pencairan dana dapat menjadi lebih efisien.hal ini dikarenakan peserta program kartu prakerja berasal dari seluruh wilayah Indonesia.

Rudy menambahkan,” Semua orang dari Sabang sampai Merauke tidak ada satu pun terlewati dari penerima. Karena pandemi mengurangi mobilitas, jadi kita dipaksa go digital sekaligus membuat program lebih efisien.”

Program Kartu Prakerja adalah program pelatihan dan juga persiapan untuk menghadapi dunia kerja. Namun, dikarenakan adanya pandemi, program kartu prakerja tujuannya diubah menjadi semi bansos atau bantuan sosial.

Meskipun dinamakan Kartu Prakerja, program ini tidak menggunakan kartu fisik. Namun, peserta akan mendapatkan 16 angka unik seperti kartu kredit. Saldo yang didapatkan bisa digunakan untuk membayar pelatihan.

Sasaran peserta penerima manfaat kartu prakerja adalah WNI yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah ataupun kuliah. Per 8 Oktober 2020, total pendaftar kartu prakerja adalah 35,1 juta orang yang berasal dari 514 kota dan kabupaten seluruh Indonesia.

Related posts

Leave a Comment