Facebook Akan Kenakan Biaya Untuk Pengguna Whatsapp Business

Whatsapp business akan berbayar

Source: techcrunch.com

Raksasa teknologi Facebook berencana akan menarik biaya bagi pengguna Whatsapp Business. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dari aplikasi tersebut.

Selama ini, Facebook tidak menagih biaya bagi pengguna Whatsapp Business. Facebook hanya menagih biaya pada beberapa fitur khusus seperti saat pengguna mengirim tanda terima atau boarding pass untuk konsumennya.

Namun, seiring dengan jumlah pengguna aplikasi tersebut semakin meningkat, facebook selaku perusahaan pemilik Whatsapp berencana untuk menarik biaya kepada pengguna. Berdasarkan data perusahaan, pengguna Whatsapp meningkat dari 1,5 miliar menjadi 2 miliar. Sementara itu, jumlah pengguna Whatsapp Business sejumlah 50 juta orang.

Namun demikian, Facebook belum bersedia menjelaskan secara rinci layanan bisnis mana yang akan dikenakan biaya. Facebook juga berjanji akan meningkatkan kualitas layanan bisnis pada platform Whatsapp. Diantaranya adalah kualitas pada fitur pesan teks, panggilan suara dan video yang terenskripsi dari hulu ke hilir.

Selain itu, Facebook juga akan menambah layanan seperti hosting pesan di komputasi cloud. Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk menyimpan pesan pada server Facebook. Namun, Facebook berjanji bahwa tidak akan menggunakan data pengguna untuk tujuan bisnis misalnya iklan.

Matt Idema selaku CEO Whatsapp mengatakan bahwa layanan hosting pesan tersebut akan mulai tersedia pada tahun 2021. Ia juga menyatakan bahwa selama ini Whatsapp tidak akan memungut biaya apapun bagi penggunanya.

Namun, Whatsapp juga berencana untuk mengenakan biaya sekitar 0.5 hingga 9 sen per pesan yang akan dikirim.

Sementara itu, Whatsapp juga akan mengintegrasikan layanannya dengan Facebook Shops. Dengan fitur ini, pengguna bisnis dapat menjual produk secara terintegrasi. Selain itu, para konsumen juga akan mendapatkan pengalaman belanja secara terpadu di semua aplikasi Facebook.

Related posts

Leave a Comment