Permudah Belanja Via Chat, Whatsapp akan Tambahkan Fitur Pembayaran Elektronik

WhatsApp akan tambah fitur pembayaran

Source: rri.co.id

Whatsapp baru saja meluncurkan fitur WhatsApp Business API. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbelanja langsung menggunakan chat. Layanan ini diluncurkan seiring dengan peningkatan belanja online.

Untuk mendukung fitur tersebut, Whatsapp dikabarkan akan bekerja sama dengan penyelenggara jasa sistem pembayaran lokal untuk menghadirkan layanan pembayaran elektronik. Rencana ini pun telah dikonfirmasi oleh BI.

Sugeng selaku Deputi Gubernur BI mengatakan bahwa ada perusahaan pembayaran elektronik yang tengah melakukan konsultasi mengenai rencana kerja sama dengan Whatsapp.

Sugeng mengungkapkan,” Dalam hal kerjasama, BI akan memastikan kerja sama dilakukan selaras dengan visi sistem pembayaran Indonesia pada tahun 2025 yang ingin mewujudkan sistem pembayaran yg aman, efisien, lancar, dan andal.”

Namun hingga saat ini Whatsapp belum mengajukan izin resmi tentang fitur pembayaran tersebut. Sebelum isu ini muncul, Whatsapp juga dikabarkan akan menghadirkan aplikasi pembayaran yang dinamakan WhatsApp Pay. Akan tetapi untuk mengahdirkan layanan aplikasi pembayaran ini, WhatsApp harus mengajukan izin terlebih dahulu ke BI. Selain itu, Whatsapp juga harus menggandeng mitra dalam negeri.

Sebagai informasi, WhatsApp baru saja merilis fitur belanja di beberapa negara termasuk Indonesia. Melalui layanan ini, pelaku bisnis dan konsumen dapat berbelanja dengan mudah melalui fitur chat.

Whatsapp memberikan keterangan,” Kami memberikan kemudahan kepada bisnis untuk mengintegrasikan fitur-fitur mereka dengan sistem perbelanjaan dan solusi pelanggan. Ini akan membantu banyak bisnis kecil sebagai pihak yang paling merasakan dampak dari pandemi.”

Untuk menggunakan fitur belanja tersebut, pengguna Whatsapp hanya perlu mengklik fitur katalog yang terdapat dapa aku bisnis untuk mulai berbelanja. Namun tentu saja hal ini akan disertai pembayaran.

Related posts

Leave a Comment