Bantu Pedagang Kecil, Gojek dan Unilever Hadirkan GoToko

Unilever dan Gojek Hadirkan GoToko

Source: gizmologi.id

Pandemi tidak hanya menyebabkan krisis kesehatan, namun juga menghantam sektor perekonomian. Salah satu sektor yang terdampak adalah pelaku UMKM. Kamar Dagang dan Industri Indonesia menyebutkan bahwa sekitar 50% atau sejumlah 30 juta UMKM di Indonesia harus tutup operasional selama pandemi.

Hal ini disebabkan oleh turunnya jumlah konsumen secara signifikan terutama saat pemerintah memberlakukan PSBB atau pembatasa Sosial Skala Besar. Selain itu, saat pandemi, banyak konsumen yang lebih memilih untuk berbelanja online daripada berbelanja di toko atau warung.

Untuk merespon situasi ini, Unilever bekerja sama dengan Gojek menghadirkan platform digital B2B GoToko. Platform ini hadir untuk memberikan solusi bagi 2,5 juta pemilik usaha toko kelontong yang masuk dalam kategori kurang terlayani.

Banyak tantangan yang dialami oleh pemilik toko kelontong. Diantaranya adalah keterbatasan variasi produk, minimnya promosi, harga kulakan tidak kompetitif, serta kurangnya layanan pengiriman yang hemat biaya.

Peluncuran GoToko diharapkan mampu mengatasi berbagai permasalahan tersebut. Kerja saa antara Gojek dan unilever ini juga bertujuan untuk digitalisasi UMKM. Hal ini karena 60% konsumen mulai berbelanja secara online sejak awal tahun ini.

Hemant Bakshi selaku Presiden Direktur unilever Indonesia mengatakan,” Dalam situasi yang berubah dengan cepat seperti sekarang ini, prioritas kami tetap sama, yakni terus memenuhi kebutuhan harian konsumen kami dengan memastikan produk-produk berkualitas kami selalu tersedia dan mudah didapatkan.”

Hemant juga menambahkan bahwa kerja sama ini bisa membawa manfaat bagi banyak orang. Sehingga banyak UMKM yang terbantu saat melewati krisis akibat pandemi ini.

Andre Soelistyos elaku Co-CEO Gojek juga menyampaikan,” Melalui GoToko, kami berupaya untuk menjangkau para peritel tradisional yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia, seperti warung kelontong.”

Related posts

Leave a Comment